Kompas.com - 09/04/2018, 14:36 WIB

KOMPAS.com - Olahraga tak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, namun juga dapat meningkatkan mood seseorang. Dengan membakar kalori dan berkeringat, ternyata kita menurunkan perasaan cemas dan gejala depresi. Kita pun akan merasa lebih bahagia.

Berdasarkan laporan dari laman Techtimes, berolahraga, meskipun hanya 10 menit, setiap minggunya dapat membuat perbedaan yang signifikan pada suasana hati.

Selain itu, menghabiskan antara 150 hingga 300 menit untuk aktivitas fisik dapat meningkatkan kebahagiaan seseorang sama halnya dengan mereka yang berolahraga lebih banyak.

Riset yang telah diterbitkan dalam Journal of Happiness Studies ini mempelajari kembali 23 penelitian terdahulu. Para peneliti menyimpulkan bahwa mereka yang sangat aktif, kemungkinannya untuk bahagia mencapai 52 persen.

Sementara mereka yang masuk dalam kategori "cukup aktif", memiliki kemungkinan 30 persen untuk berbahagia. Mereka yang tidak cukup aktif atau jarang berolahraga hanya memiliki kemungkinan 20 persen untuk berbahagia.

Namun, kita juga perlu mengingat bahwa riset tentang kebahagiaan dan olahraga ini sangat sulit untuk disimpulkan secara akurat. Faktanya, sangat sulit untuk membangun hubungan langsung antara kebahagiaan dan tetap aktif secara fisik.

Menurut Sarita Robinson dari University of Central Lancashire, ada banyak faktor yang mampu mendatangkan kebahagiaan dalam hidup. Faktor-faktor yang memengaruhi kebahagiaan seseorang termasuk keamanan kerja, status keuangan, atau setidaknya memiliki cukup dana untuk mempertahankan keanggotaan gym.

Baca :Kepribadian Ternyata Menentukan Jenis Olahraga

Terlebih lagi, orang cenderung malas berolahraga atau terlibat dalam aktivitas fisik jika mereka merasa sedih atau tertekan.

Inilah yang mempersulit untuk menemukan hubungan langsung antara kebahagiaan dan olahraga lebih jauh.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Techtimes
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.