Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paduan Kayu Manis dan Gula Jawa dalam Kue Ontbijtkoek yang Melegenda

Kompas.com - 09/04/2018, 15:00 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kue Ontbijtkoek yang dikenal sebagai "kue sarapan" memiliki kreasi berbeda di tangan toko kue dan roti Jakarta.
 
Kue yang disebut roti asal Belanda ini diberikan tambahan lain, kayu manis dan kacang. Tak hanya itu, pemanis yang biasanya memakai gula putih diganti dengan gula jawa.
 
Adalah Andreas Purwanto, generasi keempat toko roti dan kue Jakarta, merupakan orang di  balik ide kreatif kue Ontbijtkoek ini.
 
"Topping dan campuran bahan-bahan ini membuat Ontbijtkoek dari toko kue Jakarta memiliki rasa berbeda."
 
Demikian dikatakan GM toko kue dan roti Jakarta ini kepada Kompas Lifestyle, Jakarta, Senin (9/4/2018).
 
 
Rasa dan aroma kayu manis langsung menyapa lidah saat gigitan pertama dari kue yang dibanderol Rp 9.000 per potong ini.
 
General Manager toko roti dan kue Jakarta, Andreas Purwanto.KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA General Manager toko roti dan kue Jakarta, Andreas Purwanto.
 
Sementara, rasa manis tak mendominasi karena yang dipakai gula jawa. Sedangkan rasa renyah kacang mulai menyeruak setelah gigitan pertama.
 
Nah, selain rasa, Andreas juga memikirkan asal muasal bahan-bahan kue Ontbijtkoek khas toko kue dan roti yang berdiri di Yogyakarta ini.
 
Pemenang ke-2 Blue Band Master Oleh-Oleh ini tertarik mengangkat perekonomian petani lokal, terutama di kawasan Yogyakarta.
 
Terkait dengan niat mulia itu, Andreas memilih petani lokal untuk memasok langsung bahan-bahan seperti gula jawa, kayu manis, dan kacang tanah ke salah satu toko kue dan roti tertua di Yogyakarta tersebut.
 
"Misalnya gula jawa dan kacang tanah kami berasal dari petani di Kulon Progo dan Bantul," kata Andreas.
 
Setiap dua hari sekali, para petani tersebut diminta memasok bahan-bahan ke toko yang sudah berdiri sejak 1924 tersebut.
 
 
Cita-cita Andreas terdengar sederhana. Dia mengaku tak mau meninggalkan para petani lokal, dan ingin memberikan kesempatan untuk berkembang.
 
Kue Ontbijtkoek dari toko kue dan roti JakartaKOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Kue Ontbijtkoek dari toko kue dan roti Jakarta
Bukan itu saja, Andreas pun mengatakan kreasi ini juga memikirkan manfaat kesehatan.
 
Gula jawa -misalnya, dipilih karena mempunyai kelebihan sebagai antioksidan, rendah kalori serta aman dikonsumsi penderita diabetes.
 
Kemudian kacang tanah berfungsi sebagai sumber protein, mengandung vitamin A, B6, C dan E serta menjaga tingkat kolestrol tubuh.
 
Lalu kayu manis yang bermanfaat menjaga penggumpalan darah di tubuh, dan penggunaan telur ayam kampung untuk pembentukan sel-sel dalam tubuh.
 
"Selain rasa, kami ingin menyajikan makanan yang punya banyak manfaat," kata Andreas. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com