Kompas.com - 09/04/2018, 15:00 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Kue Ontbijtkoek yang dikenal sebagai "kue sarapan" memiliki kreasi berbeda di tangan toko kue dan roti Jakarta.
 
Kue yang disebut roti asal Belanda ini diberikan tambahan lain, kayu manis dan kacang. Tak hanya itu, pemanis yang biasanya memakai gula putih diganti dengan gula jawa.
 
Adalah Andreas Purwanto, generasi keempat toko roti dan kue Jakarta, merupakan orang di  balik ide kreatif kue Ontbijtkoek ini.
 
"Topping dan campuran bahan-bahan ini membuat Ontbijtkoek dari toko kue Jakarta memiliki rasa berbeda."
 
Demikian dikatakan GM toko kue dan roti Jakarta ini kepada Kompas Lifestyle, Jakarta, Senin (9/4/2018).
 
 
Rasa dan aroma kayu manis langsung menyapa lidah saat gigitan pertama dari kue yang dibanderol Rp 9.000 per potong ini.
 
General Manager toko roti dan kue Jakarta, Andreas Purwanto.KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA General Manager toko roti dan kue Jakarta, Andreas Purwanto.
 
Sementara, rasa manis tak mendominasi karena yang dipakai gula jawa. Sedangkan rasa renyah kacang mulai menyeruak setelah gigitan pertama.
 
Nah, selain rasa, Andreas juga memikirkan asal muasal bahan-bahan kue Ontbijtkoek khas toko kue dan roti yang berdiri di Yogyakarta ini.
 
Pemenang ke-2 Blue Band Master Oleh-Oleh ini tertarik mengangkat perekonomian petani lokal, terutama di kawasan Yogyakarta.
 
Terkait dengan niat mulia itu, Andreas memilih petani lokal untuk memasok langsung bahan-bahan seperti gula jawa, kayu manis, dan kacang tanah ke salah satu toko kue dan roti tertua di Yogyakarta tersebut.
 
"Misalnya gula jawa dan kacang tanah kami berasal dari petani di Kulon Progo dan Bantul," kata Andreas.
 
Setiap dua hari sekali, para petani tersebut diminta memasok bahan-bahan ke toko yang sudah berdiri sejak 1924 tersebut.
 
 
Cita-cita Andreas terdengar sederhana. Dia mengaku tak mau meninggalkan para petani lokal, dan ingin memberikan kesempatan untuk berkembang.
 
Kue Ontbijtkoek dari toko kue dan roti JakartaKOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Kue Ontbijtkoek dari toko kue dan roti Jakarta
Bukan itu saja, Andreas pun mengatakan kreasi ini juga memikirkan manfaat kesehatan.
 
Gula jawa -misalnya, dipilih karena mempunyai kelebihan sebagai antioksidan, rendah kalori serta aman dikonsumsi penderita diabetes.
 
Kemudian kacang tanah berfungsi sebagai sumber protein, mengandung vitamin A, B6, C dan E serta menjaga tingkat kolestrol tubuh.
 
Lalu kayu manis yang bermanfaat menjaga penggumpalan darah di tubuh, dan penggunaan telur ayam kampung untuk pembentukan sel-sel dalam tubuh.
 
"Selain rasa, kami ingin menyajikan makanan yang punya banyak manfaat," kata Andreas. 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.