Kompas.com - 09/04/2018, 16:00 WIB
Justin Timberlake dan Jessica Biel menghadiri 89th Annual Academy Awards at Hollywood & Highland Center di Hollywood, California, Minggu (26/2/2017). Frazer Harrison/Getty Images/AFPJustin Timberlake dan Jessica Biel menghadiri 89th Annual Academy Awards at Hollywood & Highland Center di Hollywood, California, Minggu (26/2/2017).

KOMPAS.com - Orang-orang berparas cantik dan ganteng cenderung meyakini bahwa hidup ini berjalan adil dan mereka mendapatkan yang sepantasnya.

Sebuah penelitian terhadap 395 mahasiswa yang dipublikasikan di jurnal Psychological Reports membuktikan hal tersebut.

Topik penelitian itu adalah menguji kaitan antara daya tarik fisik dan apa yang mereka percayai di dunia, yakni keyakinan tentang apa yang berhak mereka dapatkan.

Hasil penelitian itu menunjukkan, orang yang secara fisik menarik percaya dengan pernyataan: "Saya merasa orang-orang mendapatkan apa yang mereka berhak dapatkan", dan "saya merasa orang-orang yang tidak beruntung adalah akibat kesalahan mereka sendiri".

"Penelitian ini adalah tentang stereotipe daya tarik, di mana manusia cenderung mengaitkan sifat positif pada orang yang berparas menawan dan sifat negatif pada orang yang kurang menarik," kata R.Shane Westfall, mahasiswa doktoral di Universitas Nevada yang melakukan studi ini.

Ia menjelaskan, "Hipotesa Dunia Adil" cenderung lebih dipercaya oleh mereka yang berpenampilan menarik.

"Orang-orang cantik dan ganteng itu cenderung menerima perlakuan lebih baik sepanjang hidup mereka," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasil studi ini juga mengungkap bahwa apa yang kita percayai seringkali merupakan cerminan dari stimuli atau rangsangan yang kita alami, dan bukan cerminan posisi yang matang.

"Dalam kasus ini, konsep keadilan kita mencerminkan hak istimewa yang kita dapatkan," katanya.

Menurut Westfall, subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa di Amerika, sehingga hasilnya belum tentu akan sama di negara lain. Selain itu, para partisipan studi ini adalah orang yang berada di kelompok umur yang percaya bahwa penampilan sangat penting.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber PsyPost
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.