Kompas.com - 13/04/2018, 07:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi terus mengalami kemajuan yang pesat. Tak sedikit yang akhirnya mengalami 'kecanduan' gawai dan sulit lepas dari aktivitas dunia maya.

Tanpa pembagian waktu yang bijak, interaksi sosial di dunia nyata pun terpangkas dan semakin minim. Termasuk di lingkungan keluarga.

"Memang media sosial, gadget jadi agak mengurangi momentum kebersamaan dengan anak, baik dari sisi anak maupun orangtua," ujar psikolog anak, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Sc sat ditemui di Jakarta, Kamis (12/4/2018).

Anna menambahkan, hal itu bisa diakibatkan karena anak, orangtua atau keduanya terlalu banyak menghabiskan waktu untuk mengakses media sosial. Selain media sosial, banyak pula aktivitas dunia maya lainnya, seperti mencari informasi dan berita.

Sementara dari sisi anak, waktu kebersamaan mereka dan orangtua bisa saja tersita karena terlalu lama mengakses YouTube, bermain game atau aktivitas lainnya.

Padahal, kata Anna, sejumlah penelitian dalam negeri menemukan bahwa anak usia 2-3 tahun yang terlalu banyak mengakses gawai atau lebih dari empat jam cenderung memiliki kemampuan bicara yang lambat perkembangannya dibandingkan mereka yang tidak.

Lalu, bagaimana menjaga agar penggunaan gawai dan akses internet tak berlebihan sehingga waktu bersama dalam keluarga tetap terjaga?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anna menyebutkan, menurut American Academy of Pediatrics (AAP), setidaknya gawai baru diperkenalkan saat anak menginjak usia 18 bulan.

Dalam usia tersebut pengenalan gawai pada anak juga masih terbatas pada hal yang sifatnya interaktif.

"Jadi tetap punya momen-momen kebersamaan. Bukan yang nonton dan main," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.