Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Bingung Libur Isra Miraj 2018? Ini Tanggapan Kepala LAPAN

Kompas.com - 14/04/2018, 13:51 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com – Mungkin Anda adalah salah satu orang yang ikut bingung apakah libur Isra Miraj tahun ini jatuh pada hari Jumat (13/4/2018) atau Sabtu (14/4/2018). Hal ini wajar saja, karena beberapa kalender menulis Isra Miraj jatuh pada Jumat, sementara sisanya pada Sabtu.

Namun seperti yang dilansir dari Tribunnews.com, Kamis (12/4/2018); kebingungan ini sebetulnya telah terjawab lewat Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2018.

Dalam keputusan yang ditandatangani oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur tersebut; libur Isra Miraj 2018 dinyatakan jatuh pada hari ini, Sabtu (14/4/2018).

Baca juga : Begini Hasil Pengamatan Hilal di Pantai Tanjung Lesung

Hal ini pun dibenarkan oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( LAPAN) Thomas Djamaluddin yang diwawancari oleh Kompas.com melalui pesan singkat pada hari ini (14/4/2018).

“Saya tidak tahu sumber perhitungan yang digunakan penerbit kalender yang mencantumkan 27 Rajab jatuh pada 13 April 2018,” ujarnya.

Dia melanjutkan, dari segi hisab, semua kriteria yang digunakan di Indonesia, termasuk organisasi masyarakat Islam, semua sepakat bahwa 27 Rajab adalah libur Isra Miraj yang jatuh pada 14 April 2018.

Thomas pun menjelaskan bahwa kalender hanya didasarkan pada hisab atau perhitungan, dan semua kriteria yang digunakan di Indonesia menyatakan bahwa 1 rajab (bulan ketujuh dalam penanggalan hijriyah) jatuh pada 19 Maret 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com