Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/04/2018, 09:08 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak banyak yang tahu kalau ternyata vokalis grup band Slank, Kaka, kini menjadi vegan.

Gaya hidup sehat ini mulai dilakukan Kaka sejak 10 Maret 2018, tepatnya saat dia ulang tahun. Pria bernama lengkap Akhadi Wira Satriaji ini sebenarnya sudah sejak lama berhenti mengonsumsi daging sapi dan ayam, dan hanya mengonsumsi ikan.

Tapi Kaka kemudian merasakan ironi dan ada pertentangan dengan hobinya sebagi penyelam.

Gue suka nyelam dan foto-foto ikan di dalam air, tapi sorenya gue bakar, kan agak ironi,” cerita Kaka kepada Kompas Lifestyle, di acara Vegan Festival, Neo Soho, Jakarta, Sabtu (14/4/2018).

Berangkat dari itu, Kaka pun memutuskan menjadi vegan, di mana ia tidak mengonsumsi daging jenis apa pun, dan hanya mengonsumsi sayur-sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, umbi-umbian, dan buah-buahan.

Kaka bercerita awalnya sempat merasa pesimis dengan gaya hidup vegan karena sering disebut sulit—terutama bagi orang-orang di luar vegan—seperti mencari bahan makanan hingga tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan. 

Tapi saat dijalankan, Kaka justru sama sekali tak menemui kesulitan seperti yang dibayangkan.

Bahan-bahan makanan vegan, kata Kaka, mudah didapatkan dan ada di kehidupan sehari-hari.

“Kalau gue seringnya makan salad, tempe, sayur-sayuran, dan semua dimasakin istri,” kata Kaka.

Dia bercerita, sang istri, Natashca Oking, mendukung penuh gaya hidup Kaka saat ini. Meskipun perempuan yang dinikahi pada 2002 silam itu belum sepenuhnya vegan, Natascha tak pernah kesulitan karena gaya hidupnya pun sudah menghindari daging sapi atau ayam.

Personel Slank tak masalah

Para personel Slank diakui tak heran dengan keputusan Kaka menjadi vegan. Sebab pria beranak tiga ini memang acap kali membuat perubahan-perubahan, mulai dari olahraga, hingga kini menjadi vegan. 

Band Slank menggelar pertunjukan kecil untuk merayakan ulang tahun vokalisnya, Kaka (kanan), di Markas Slank di Gang Potlot, Duren Tiga, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jumat (10/3/2017).KOMPAS.COM/TRI SUSANTO SETIAWAN Band Slank menggelar pertunjukan kecil untuk merayakan ulang tahun vokalisnya, Kaka (kanan), di Markas Slank di Gang Potlot, Duren Tiga, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jumat (10/3/2017).
Kaka mengakui masih ada sedikit candaan dan godaan soal makan daging dari teman-temannya jika makan dalam satu momen, namun dia tetap konsisten.

Dia mulai mengubah semua sajian yang berbahan produk hewani untuk dirinya saat manggung. Seperti susu sapi diganti susu kedelai, kemudian roti diganti makan rebusan pisang, ubi, kacang-kacangan dan lain-lain.

Saat makan bersama para personel Slank pun, Kaka meminta untuk disisihkan semua produk hewani yang ada dalam makanan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com