Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/04/2018, 09:47 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Ketika berbicara mengenai penuaan dan tanda-tandanya, banyak yang menghubungkan penuaan dengan kerutan pada wajah. Namun pada kenyataannya, penuaan bisa datang lebih awal dari kerutan di wajah.

Sebenarnya, penuaan datang di saat seseorang sudah berhenti bertumbuh yaitu sekitar usia 25 tahun. Di usia ini, banyak yang tidak menyadari bahwa proses penuaan sebenarnya sudah dimulai, dan karenanya tidak mengambil langkah-langkah yang dapat memperlambat laju penuaan tersebut.

Apa cirinya jika tubuh sudah mulai mengalami penuaan? Beberapa tanda bahwa penuaan fisik telah dimulai di antaranya:

1. Sulit tidur

Sulit tidur sering dialami oleh banyak orang. Jadi tak heran jika gangguan tidur sulit untuk benar-benar diartikan sebagai permulaan dari proses penuaan.

Tetapi bila kamu terbiasa untuk tidur nyenyak sebelumnya, dan kemudian mengalami perubahan pola tidur sehingga mengganggu aktivitas harian, maka hal ini tidak dapat dianggap sepele.

Penuaan menyebabkan produksi hormon melatonin berkurang sehingga dapat memicu gangguan pada pola atau ritme tidur. Gangguan tidur ini dapat berupa sulit tidur ataupun justru berupa mudah tertidur di siang hari.

2. Merasa kurang bertenaga

Saat masih muda, tubuh terasa selalu berenergi. Kerja berat, olahraga, dan tidur larut malam dapat dijalani tanpa kesulitan.

Namun, jika saat ini kamu merasa tubuh kurang berenergi padahal aktivitas harian tidak terlalu berat, hati-hati. Bisa jadi ini awal dari proses penuaan tubuh.

Energi dalam tubuh dihasilkan dari proses pernapasan yang dibantu dengan adanya asupan makanan. Dalam proses tersebut, ada bangunan bernama mitokondria yang berperan aktif dalam mengubah oksigen menjadi energi bagi tubuh.

Nah, jika tubuh sudah memasuki proses penuaan, akan terjadi penurunan fungsi dan jumlah dari mitokondria. Hal ini tentunya berpengaruh pada pembentukan energi di dalam tubuh.

Baca juga : 4 Kebiasaan yang Bikin Tubuh Lebih Bertenaga

3. Punggung tangan kusam dan kasar

Punggung tangan bisa jadi bagian yang terakhir kamu perhatikan. Berbeda dengan wajah, punggung tangan terpapar lebih banyak radikal bebas dan bergerak lebih aktif sehingga proses penuaannya pun terjadi lebih awal.

Kerutan, kusam, dan kering merupakan gejala penuaan di area ini. Belum lagi paparan sinar matahari yang tentunya akan mengenai punggung tangan hampir setiap saat kita beraktivitas di luar ruangan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com