Kompas.com - 15/04/2018, 09:47 WIB
Ilustrasi pria dewasa HalfpointIlustrasi pria dewasa
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ketika berbicara mengenai penuaan dan tanda-tandanya, banyak yang menghubungkan penuaan dengan kerutan pada wajah. Namun pada kenyataannya, penuaan bisa datang lebih awal dari kerutan di wajah.

Sebenarnya, penuaan datang di saat seseorang sudah berhenti bertumbuh yaitu sekitar usia 25 tahun. Di usia ini, banyak yang tidak menyadari bahwa proses penuaan sebenarnya sudah dimulai, dan karenanya tidak mengambil langkah-langkah yang dapat memperlambat laju penuaan tersebut.

Apa cirinya jika tubuh sudah mulai mengalami penuaan? Beberapa tanda bahwa penuaan fisik telah dimulai di antaranya:

1. Sulit tidur

Sulit tidur sering dialami oleh banyak orang. Jadi tak heran jika gangguan tidur sulit untuk benar-benar diartikan sebagai permulaan dari proses penuaan.

Tetapi bila kamu terbiasa untuk tidur nyenyak sebelumnya, dan kemudian mengalami perubahan pola tidur sehingga mengganggu aktivitas harian, maka hal ini tidak dapat dianggap sepele.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penuaan menyebabkan produksi hormon melatonin berkurang sehingga dapat memicu gangguan pada pola atau ritme tidur. Gangguan tidur ini dapat berupa sulit tidur ataupun justru berupa mudah tertidur di siang hari.

2. Merasa kurang bertenaga

Saat masih muda, tubuh terasa selalu berenergi. Kerja berat, olahraga, dan tidur larut malam dapat dijalani tanpa kesulitan.

Namun, jika saat ini kamu merasa tubuh kurang berenergi padahal aktivitas harian tidak terlalu berat, hati-hati. Bisa jadi ini awal dari proses penuaan tubuh.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X