Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk Pertama Kali, Arab Saudi Gelar "Fashion Show"

Kompas.com - 16/04/2018, 20:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber stylist

KOMPAS.com - Kerajaan Arab Saudi sepertinya sedang mengalami banyak 'pengalaman pertama' pada tahun 2018.

Mulai dari perempuan yang akhirnya diizinkan untuk mengemudikan kendaraan, hingga diperbolehkannya kaum hawa masuk ke stadion sepak bola, serta pembukaan bioskop pertama selama 35 tahun.

Kelihatannya, negara ini pun mulai mengubah undang-undang konservatifnya. Kini, negara Timur Tengah ini pun menjadi tuan rumah untuk pekan mode pertama kalinya.

Baca juga: Akhirnya, Arab Saudi Cabut Larangan Mengemudi bagi Perempuan

Pekan Mode Arab, yang diadakan di Riyadh, menjadi pembicaraan publik berkat campur tangan desainer terkenal dunia, Jean Paul Gaultier dan Roberto Cavalli.

"Kami sangat gembira hari ini untuk mengumumkan sejarah dan era baru untuk kerajaan, dan untuk seluruh dunia Arab, yaitu adanya Pekan Mode Arab," kata Jacob Abrian, CEO the Arab Fashion Council.

Pekan mode Arab dilaksanakan di Hotel RItz Calton pada pada minggu lalu dan dimeriahkan oleh sejumlah desainer lokal, termasuk perancang Lebanon Naja Saade.

Baca juga: Setelah 35 Tahun, Arab Saudi Bakal Punya Bioskop pada Bulan Ini

“Saya sangat bangga dapat berpartisipasi dalam edisi pertama Pekan Mode Arab di Arab Saudi, karena ini adalah bagian dari revolusi para wanita di negara ini,” kata Saade.

Meskipun abaya adalah bagian dari aturan berbusana ketat di negara itu, pakaian tersebut tidak akan ditampilkan di catwalk pada acara yang hanya dihadiri khusus untuk para undangan ini.

 

Renowned designer @jpgaultierofficial Jean Paul Gaultier creations added a touch of French chic as he showed his latest collection during the Arab Fashion Week in Riyadh presented by Huawei. It is the first fashion show for Jean Paul Gaultier outside of Paris, In Riyadh. ‎???? ?????? ????? ????? ???? ????? ?????? ?????? ?? ?????? ?? ????? ?? ???? ?????? ?????? ?????? ??? ??? ?????? ???? ???? ??????? ???? ??? ?? ?????? ?? ????? ???? ????? ???? ??????? ?? ?????? #jeanpaulgaultier #AFWHuaweiKSA #Arabfashionweekriyadh #BMWKSA #Arabfashionweek #RitzCarlton #Riyadh #RCMemories #AHKGroup #jamillapaulhairartist #wellaamea #wellaproksa #wellahair #Richardmille #RichardMilleRiyadh #comfortperfumesdeluxe #makeupforevermea #lifeisastage #lazurde_fashion #lazurde #arabfashioncouncil #jacobabrian #imanartist @makeupforevermea @wellaproksa @ahk.group @richardmilleofficial @richardmillemiddleeast @bmw @huaweimobileksa @lazurde @comfortarabia #?????_??????_?????? #????_???????_?????? #fashion #??? #ksa #paris #jessicagarnetti

A post shared by ARAB FASHION COUNCIL ® (@arabfashioncouncil) on Apr 14, 2018 at 2:38pm PDT

Perubahan baru-baru ini datang sebagai bagian dari program Visi 2030 Putra Mahkota Mohammed bin Salman yang bertujuan untuk memperluas ekonomi Saudi dan mengurangi ketergantungannya pada minyak.

Pekan Mode Arab kedua sudah dijadwalkan untuk bulan Oktober 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber stylist
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com