Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/04/2018, 20:35 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Badan sudah lelah, tapi masih belum bisa tidur? Atau setiap pagi kamu bangun dalam keadaan lelah dan mengantuk, bukannya segar? Hati-hati, bisa jadi kamu mengalami gangguan tidur akibat kesalahan-kesalahan umum dalam menata kamar tidur.

Ya, penataan kamar tidur yang salah bisa mengganggu kualitas tidur. Apa saja kesalahan yang perlu dihindari?

1. Kamar tidak rapi

Sebagian orang menggunakan kamar tidur bukan hanya sebagai tempat beristirahat setelah melakukan banyak aktivitas seharian, tapi juga sebagai tempat meletakkan dan menyimpan berbagai macam barang penting.

Biasanya setelah lelah seharian beraktivitas, orang akan cenderung meletakkan berbagai jenis barang sembarangan. Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab susah tidur.

Seorang spesialis kesehatan jiwa dari University of Maryland School of Medicine, dr. Emerson Wickwire mengatakan bahwa kamar tidur yang berantakan bisa bikin susah tidur. Kamar yang berantakan dan kacau, menurut dr. Emerson, bisa menyebabkan mood jelek hingga berdampak negatif pada kerja otak.

Maka itu, pastikan kamar tidur selalu rapi dan tidak banyak barang berserakan. Terutama di dekat tempat tidur.

Baca juga : 5 Tips Dekorasi Kamar Tidur untuk Kamar Sehat dan Nyaman

2. Warna dinding atau nuansa kamar terlalu mencolok

Kamar sudah rapi, tapi penataan kamar tidur dengan dinding atau wallpaper warna terang dan mencolok bisa mengganggu istirahat. Sebaiknya hindari warna dinding atau nuansa kamar yang terlalu mencolok dan pilih warna-warna yang lebih sejuk dan menenangkan.

Bila kamu ingin menghias kamar tidur, Cynthia Spence, seorang desainer interior di San Fransisco menyarankan agar berkreasi dengan kombinasi tekstur daripada warna dan pola-pola yang mencolok sebagai penataan kamar tidur.

Misalnya mengombinasikan ranjang kayu dengan meja samping dari rotan. Dengan begitu, kamar tidur tetap menarik dan kamu bisa beristirahat dengan baik.

Baca juga : Bagaimana Tidur 7 Sampai 8 Jam Sehari Memengaruhi Tubuh Kita?

3. Kualitas kasur kurang baik

Tanpa disadari, kasur dengan kualitas kurang baik bisa membuat seseorang susah tidur. Sarah Abate Rezvanifar, seorang desainer dari Kanada merekomendasikan untuk ganti kasur lama yang sudah tidak nyaman dipakai dengan kasur baru yang memiliki kontur lembut sehingga lebih nyaman.

Tak hanya itu, penggunaan kasur yang kurang baik akan membuat posisi tidur menjadi tidak nyaman. Hal ini diperkuat dengan pernyataan dari Robert Rosenberg, DO seorang direktur medis Sleep Disorders Center di Prescott Valley yang menyatakan bahwa posisi tidur yang kurang nyaman dapat membuat seseorang tidak mendapatkan manfaat tidur optimal.

Baca juga : Agar Tidur Nyenyak, 5 Elemen Kunci Wajib Ada di Kamar

4. Seprai tidak nyaman

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com