Kompas.com - 16/04/2018, 20:35 WIB
Ilustrasi tidur MARIOS07Ilustrasi tidur
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Badan sudah lelah, tapi masih belum bisa tidur? Atau setiap pagi kamu bangun dalam keadaan lelah dan mengantuk, bukannya segar? Hati-hati, bisa jadi kamu mengalami gangguan tidur akibat kesalahan-kesalahan umum dalam menata kamar tidur.

Ya, penataan kamar tidur yang salah bisa mengganggu kualitas tidur. Apa saja kesalahan yang perlu dihindari?

1. Kamar tidak rapi

Sebagian orang menggunakan kamar tidur bukan hanya sebagai tempat beristirahat setelah melakukan banyak aktivitas seharian, tapi juga sebagai tempat meletakkan dan menyimpan berbagai macam barang penting.

Biasanya setelah lelah seharian beraktivitas, orang akan cenderung meletakkan berbagai jenis barang sembarangan. Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab susah tidur.

Seorang spesialis kesehatan jiwa dari University of Maryland School of Medicine, dr. Emerson Wickwire mengatakan bahwa kamar tidur yang berantakan bisa bikin susah tidur. Kamar yang berantakan dan kacau, menurut dr. Emerson, bisa menyebabkan mood jelek hingga berdampak negatif pada kerja otak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Maka itu, pastikan kamar tidur selalu rapi dan tidak banyak barang berserakan. Terutama di dekat tempat tidur.

Baca juga : 5 Tips Dekorasi Kamar Tidur untuk Kamar Sehat dan Nyaman

2. Warna dinding atau nuansa kamar terlalu mencolok

Kamar sudah rapi, tapi penataan kamar tidur dengan dinding atau wallpaper warna terang dan mencolok bisa mengganggu istirahat. Sebaiknya hindari warna dinding atau nuansa kamar yang terlalu mencolok dan pilih warna-warna yang lebih sejuk dan menenangkan.

Bila kamu ingin menghias kamar tidur, Cynthia Spence, seorang desainer interior di San Fransisco menyarankan agar berkreasi dengan kombinasi tekstur daripada warna dan pola-pola yang mencolok sebagai penataan kamar tidur.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.