Kompas.com - 17/04/2018, 10:53 WIB
Ilustrasi menggunakan tabir surya WavebreakmediaIlustrasi menggunakan tabir surya
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kulit kering, keriput di wajah, dan garis-garis halus di sekitar mata adalah tanda-tanda penuaan yang paling klasik. Penuaan tidak bisa dicegah, tapi kita bisa memperlambat prosesnya dengan melakukan perawatan anti aging yang tepat mulai hari ini.

Apa yang harus dilakukan? Berikut perawatan anti aging yang wajib kita lakukan setiap hari untuk memperlambat proses penuaan kulit.

1. Lindungi kulit dari matahari

Ilustrasi melindungi kulit dari matahariArt-Of-Photo Ilustrasi melindungi kulit dari matahari
Perlindungan dari radiasi matahari merupakan fondasi perawatan kulit yang utama agar senantiasa tampak awet muda.

Ada banyak bukti medis yang melaporkan bahwa paparan sinar UV dapat merusak kesehatan kulit. Langkah yang harus kita lakukan untuk melindungi kulit dari radiasi UV adalah:

  • Kenakan pakaian yang melindungi kulit setiap kali akan keluar rumah. Misalnya dengan memakai topi, baju lengan panjang, dan celana panjang.
  • Kita bisa juga kenakan kacamata hitam untuk membantu mengurangi kerutan di sekitar mata akibat terlalu sering memicingkan mata karena kesilauan.
  • Selalu menggunakan tabir surya pada bagian kulit yang tidak tertutup ketika beraktivitas di luar ruangan. Pilihlah tabir surya yang mencantumkan label spektrum luas (broad spectrum) dan minimal mengandung SPF 30 (atau lebih tinggi), dan tahan air.
  • Carilah tempat yang teduh dan rindang. Jika ingin berkegiatan di luar ruangan, pastikan mencari tempat yang tidak terkena cahaya matahari terik dan terus menerus.

Baca juga : 7 Kesalahan Saat Menggunakan Tabir Surya

2. Pakai pelembap setiap hari

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi pria memakai pelembabTomwang112 Ilustrasi pria memakai pelembab
Semakin bertambah usia, kulit akan semakin mengering karena tubuh tidak lagi memproduksi kolagen dalam jumlah seperti dulu. Akibatnya, garis-garis halus dan kerutan akan mulai muncul di kulit.

Untuk merawat kulit, gunakan selalu pelembap untuk menjaga kulit tetap sehat dan kenyal. Pelembap bekerja memerangkap kelembapan pada lapisan luar kulit dan menarik uap air dari lapisan kulit yang lebih dalam ke lapisan kulit luar.

The American Academy of Dermatology menyarankan untuk menggunakan pelembap wajah setelah mandi agar kulit yang masih lembap dapat mengikat cairan dengan baik. Untuk hasil terbaik, gunakan pelembap di bagian wajah, badan, dan bibir.

Baca juga : 5 Cara Pakai Pelembap Wajah Agar Hasilnya Maksimal

3. Rajin cuci muka

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X