5 Kiat Menangkal Efek Penuaan Kulit - Kompas.com

5 Kiat Menangkal Efek Penuaan Kulit

Kompas.com - 17/04/2018, 10:53 WIB
Ilustrasi menggunakan tabir suryaWavebreakmedia Ilustrasi menggunakan tabir surya

KOMPAS.com - Kulit kering, keriput di wajah, dan garis-garis halus di sekitar mata adalah tanda-tanda penuaan yang paling klasik. Penuaan tidak bisa dicegah, tapi kita bisa memperlambat prosesnya dengan melakukan perawatan anti aging yang tepat mulai hari ini.

Apa yang harus dilakukan? Berikut perawatan anti aging yang wajib kita lakukan setiap hari untuk memperlambat proses penuaan kulit.

1. Lindungi kulit dari matahari

Ilustrasi melindungi kulit dari matahariArt-Of-Photo Ilustrasi melindungi kulit dari matahari
Perlindungan dari radiasi matahari merupakan fondasi perawatan kulit yang utama agar senantiasa tampak awet muda.

Ada banyak bukti medis yang melaporkan bahwa paparan sinar UV dapat merusak kesehatan kulit. Langkah yang harus kita lakukan untuk melindungi kulit dari radiasi UV adalah:

  • Kenakan pakaian yang melindungi kulit setiap kali akan keluar rumah. Misalnya dengan memakai topi, baju lengan panjang, dan celana panjang.
  • Kita bisa juga kenakan kacamata hitam untuk membantu mengurangi kerutan di sekitar mata akibat terlalu sering memicingkan mata karena kesilauan.
  • Selalu menggunakan tabir surya pada bagian kulit yang tidak tertutup ketika beraktivitas di luar ruangan. Pilihlah tabir surya yang mencantumkan label spektrum luas (broad spectrum) dan minimal mengandung SPF 30 (atau lebih tinggi), dan tahan air.
  • Carilah tempat yang teduh dan rindang. Jika ingin berkegiatan di luar ruangan, pastikan mencari tempat yang tidak terkena cahaya matahari terik dan terus menerus.

Baca juga : 7 Kesalahan Saat Menggunakan Tabir Surya

2. Pakai pelembap setiap hari

Ilustrasi pria memakai pelembabTomwang112 Ilustrasi pria memakai pelembab
Semakin bertambah usia, kulit akan semakin mengering karena tubuh tidak lagi memproduksi kolagen dalam jumlah seperti dulu. Akibatnya, garis-garis halus dan kerutan akan mulai muncul di kulit.

Untuk merawat kulit, gunakan selalu pelembap untuk menjaga kulit tetap sehat dan kenyal. Pelembap bekerja memerangkap kelembapan pada lapisan luar kulit dan menarik uap air dari lapisan kulit yang lebih dalam ke lapisan kulit luar.

The American Academy of Dermatology menyarankan untuk menggunakan pelembap wajah setelah mandi agar kulit yang masih lembap dapat mengikat cairan dengan baik. Untuk hasil terbaik, gunakan pelembap di bagian wajah, badan, dan bibir.

Baca juga : 5 Cara Pakai Pelembap Wajah Agar Hasilnya Maksimal

3. Rajin cuci muka

Ilustrasi pria mencuci mukaGeorgeRudy Ilustrasi pria mencuci muka
Rajin cuci muka bukan berarti harus sering-sering mencuci muka setiap saat. Semakin sering mencuci muka justru akan membuat kulit kering dan merangsang produksi minyak berlebih. Parahnya lagi, terlalu sering cuci muka dapat membuat kulit kemerahan, bersisik, dan rentan berjerawat.

Kita cukup mencuci muka setidaknya 2 kali sehari, di pagi dan malam hari.

Ingat, cara mencuci muka dapat memengaruhi tampilan wajah. Jika kamu hanya beraktivitas dalam ruangan, tidak memakai makeup, dan tidak berkeringat terlalu banyak, cukup bersihkan wajah dengan air hangat (suam-suam kuku) dan pembersih ringan, bukan sabun. Selain itu, hindari pula menggosok kulit terlalu keras.

Baca juga : Jangan Biasakan Cuci Muka dengan Sabun Mandi

4. Perhatikan asupan makan

Ilustrasi makanan sehat untuk jantungmarilyna Ilustrasi makanan sehat untuk jantung
Apa yang nampak di bagian luar tubuh sebenarnya adalah hasil apa yang kita konsumsi setiap hari. Itu sebabnya, sangat penting untuk memperhatikan asupan makanan yang tidak hanya menyehatkan untuk kulit namun juga kesehatan secara keseluruhan.

Hindari apapun yang dapat membuat dehidrasi, seperti alkohol dan kafein dalam jumlah berlebihan. Hindari pula mengonsumsi makanan tinggi gula dan karbohidrat sederhana secara berlebih karena dapat meningkatkan risiko penuaan dini.

Perbanyaknya asupan protein seperti ikan, daging tanpa lemak, serta kacang-kacangan untuk merangsang produksi kolagen. Selain itu, tingkatkan juga asupan makanan tinggi vitamin C dari buah-buahan dan sayur-sayuran untuk menjaga kulit agar tetap awet muda.

Baca juga : 12 Makanan Sehat untuk Kulit, Apa Sajakah?

5. Tidur yang cukup

Ilustrasi tidurfizkes Ilustrasi tidur
Berbagai penelitian menyebutkan bahwa orang yang kurang tidur lebih berpotensi mempunyai kerutan di wajah. Nah, oleh karena itu, usahakan mencukupi jam tidur setidaknya 6-8 jam setiap malam.

Tidur cukup membantu tubuh kita memproduksi cukup HGH atau Human Growth Hormone yang dapat mempertahankan elastisitas kulit sehingga mencegah munculnya keriput. Yang tidak kalah penting, jangan lupa untuk menghindari segala hal yang dapat menyebabkan stres.

Baca juga : 4 Kebiasaan Sepele Sebelum Tidur yang Merusak Kulit


Sumber

Close Ads X