7 Manfaat Kantong Teh Celup Bekas untuk Mata

Kompas.com - 17/04/2018, 17:17 WIB
Ilustrasi teh celupFreer Law Ilustrasi teh celup

KOMPAS.com - Kamu sering minum teh, tapi bekas kantong teh celupnya dibuang? Sayang sekali, padahal kantong teh celup bekas masih bisa dimanfaatkan.

Kantong teh tersebut bisa digunakan sebagai perawatan untuk mengatasi berbagai gangguan pada mata. Apa sajakah manfaat kantong teh celup untuk mata dan bagaimana cara pakainya? 

Menggunakan kantong teh bekas untuk pengobatan rumahan adalah pilihan alami yang terjangkau. Namun, jangan pakai sembarang jenis teh celup. Sebaiknya gunakan kantong bekas teh hitam, teh putih, atau teh hijau.

Teh herbal juga bisa kamu gunakan, misalnya teh roiboos, teh chamomile, teh melati, dan teh daun mint.

Beberapa manfaat kantong teh celup bekas untuk perawatan mata, seperti yang dilansir dari Healthline, meliputi:

1. Mengurangi peradangan atau pembengkakan mata

Kandungan flavonoid, yaitu salah satu antioksidan dan tanin dalam teh hitam dan teh hijau memiliki efek positif untuk mata bengkak. Kandungan tersebut juga membantu menjaga kulit di sekitar mata tetap kencang.

Selain itu, kafein bisa menyempitkan pembuluh darah dalam jaringan sehingga mengurangi pembengkakan. Selain, itu kamu juga bisa menggunakan teh chamomile untuk menenangkan mata yang meradang.

2. Membantu menyembuhkan mata merah

Teh calendula, teh chamomile, dan teh adas memiliki potensi meredakan gejala mata merah. Teh ini dapat membantu menghilangkan kelebihan cairan yang mengalir dari mata, sekaligus mengurangi pembengkakan dan iritasi.

Sementara teh hijau memiliki khasiat antimikroba, artinya bisa menangkal bakteri yang menyebabkan iritasi dan kemerahan.

3. Menyamarkan lingkaran hitam pada mata

Kurang tidur biasanya menyebabkan munculnya lingkaran hitam di sekitar mata. Lingkaran hitam alias mata panda ini tentu mengganggu penampilan.

Halaman:


Sumber

Close Ads X