Kompas.com - 17/04/2018, 20:45 WIB
Ilustrasi Thinkstock/FizkesIlustrasi

KOMPAS.com- Bertambahnya usia juga membawa perubahan pada tubuh. Anda mungkin menyadari timbulnya kerutan halus di wajah, satu dua muncul rambut beruban, bahkan juga perubahan pada organ intim.

Pada wanita, semakin bertambah usia maka area vaginanya akan menjadi kering atau iritasi. Kondisi tersebut menyebabkan rasa tidak nyaman dan nyeri saat berhubungan seks.

Dalam sebuah survei, 40 persen wanita mengaku mengalami kekeringan vagina, 12 persen mengatakan organ intimnya gatal, dan 25 persen mengeluhkan rasa tidak nyaman saat berhubungan seks.

"Kondisi vagina yang kering adalah masalah besar pada wanita. Ini terjadi karena penurunan kadar estrogen sehingga gairah seks berkurang dan juga rasa sakit saat bersenggama," kata edukator seks dan pernikahan Laura Berman PhD, seperti dikutip Prevention.com.

Berkurangnya produksi estrogen akan membuat jaringan di vagina menjadi tipis, kering, dan kurang elastis.

Untuk masalah kekeringan yang ringan, masih bisa diatasi dengan menggunakan lubrikan atau pelembab vagina yang dibeli di apotik atau toko obat.

Jika obat-obatan yang dijual bebas itu kurang membantu, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan resep krim atau tablet estrogen.

"Komunikasi yang lancar dengan pasangan juga bisa membantu. Suami bisa memberikan pemanasan yang lebih lama dan lembut. Perangsangan yang cukup sebelum penetrasi bisa mmebantu karena aliran darah ke organ intim akan lancar dan lubrikasi yang cukup," kata Berman.




Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X