Kompas.com - 18/04/2018, 07:15 WIB
Ilustrasi ThinkstockIlustrasi

KOMPAS.com - Pori-pori wajah yang besar memang bisa membuat kulit terlihat kurang mulus. Walau kosmetik bisa menutupinya, tapi dengan perawatan yang tepat kita bisa mengecilkan ukuran pori kulit.

Pori-pori pada dasarnya adalah bagian struktural dari kulit yang tidak bisa dihilangkan. Bagian ini bisa melebar dan juga makin dalam jika sering tersumbat oleh kotoran dan minyak, atau pun saat kita tak bisa menahan jari tangan untuk memencetnya.

Kabar baiknya, walau ukuran pori-pori wajah ditentukan secara genetik, tapi kita bisa meminimalkan ukurannya dan membuatnya menyusut kembali ke ukuran normal. Maksutnya adalah ke ukuran sebelum kita hobi memencetnya.

Pengelupasan
Karena penyebab utamanya adalah sumbatan kotoran dan minyak, maka cara yang bisa dilakukan adalah mengeluarkannya dari kulit.

Pembersih wajah saja seringkali tidak efektif untuk memastikan kulit kita benar-benar bersih. Penggunaan skin care yang mengandung AHAs (alpha hydroxy acids) dan BHAs (beta hydroxy acids) dapat membantu untuk "menguras" kotoran dari pori.

"AHA dan BHA akan mengurai ikatan antara sel dengan permukaan kulit sehingga tidak ada lagi yang tersumbat. Zat asam ini memang intervensi yang efektif," kata dokter kulit Joshua Zeichner, direktur riset kosmetik di Mount Sinai Hospital, New York.

AHAs akan bekerja pada permukaan kulit untuk mencerahkan dan membuatnya halus. Sementara BHAs akan masuk lebih dalam menghilangkan sel kulit mati yang tersumbat di pori.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

(Baca juga: Kunci Awet Muda dengan Rutinitas Skin Care)

Salah satu produk yang banyak direkomendasikan adalah Paula's Choice Skin Perfecting 2% BHA Liquid. Produk ini dianggap lembut, bahkan bagi kulit sensitif.

Cara penggunaannya juga mudah. Pulaskan produk ini pada kulit yang sudah dibersihkan lalu, diamkan 10 menit, lalu dibilas. Setelah itu gunakan produk skin care rutin lainnya.

Zat lain yang efektif adalah vitamin A atau retinol. Zat aktif ini akan merangsang produksi kolagen dan secara bertahap mengurangi produksi minyak. Ini berarti kulit akan lebih lembut, lebih sedikit kotoran, dan pori-pori mengecil.

Lindungi kulit
Selalu lindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan memakai tabir surya.

"Sinar matahari akan merusak kolagen kulit, padahal kita perlukan untuk membuat kulit kencang dan elastis. Akibatnya pori kulit akan membesar jika sering terpapar matahari," kata dermatologi Rachel Nazarian.

Laser
Menurut Nazarian, sinar laser sangat efektif mengatasi masalah pori-pori wajah, teramsuk juga bekas jerawat.

Pemakaian sinar laser bisa merangsang lapisan terdalam kulit menjadi lebih kenyal dengan rasa nyeri yang minimal. Terapi sinar laser ini akan membuat kita mendapat manfaat retinol, tabir surya, dan zat asam, sekaligus.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.