Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/04/2018, 08:00 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mendengarkan musik selain bisa membuat sesi olahraga lebih menyenangkan ternyata juga bisa membuat durasi olahraga lebih lama. Bonus lainnya adalah stres berkurang.

Dokter jantung Haitham Ahmed, MD menyarankan para pasiennya untuk menambahkan musik ke dalam rutinitas olahraga mereka.

Musik dianggap sebagai bahasa universal. Meski setiap orang memiliki selera musik yang berbeda, namun semua orang menyukainya.

"Tidak penting lagu apa yang didengarkan saat berolahraga. Pilihlah musik yang membuatmu bahagia dan memotivasi sehingga hasil stress test atau tes untuk mengetahui fungsi jantung, akan lebih baik," ujar Ahmed.

Ahmed menyebutkan, salah satu indikator ketahanan kesehatan jangka panjang seseorang adalah berolahraga di treadmill. Itu sebabnya stress test biasanya dilakukan dengan meminta pasien berlari di treadmill.

Durasi olahraga yang singkat, yakni 30 menit setiap hari, memang sudah cukup menyehatkan, namun bertambahnya durasi olahraga, juga bisa memperpanjang umur.

Salah satu cara meningkatkan durasi olahraga ini antara lain dengan mendengarkan musik.

Hal itu disebabkan karena saat berolahraga sambil mendengar musik, akan terjadi persaingan perhatian pada otak. Bukannya fokus pada seberapa lelah kita berolahraga, seberapa sulit kita bernafas dan seberapa cepat detak jantung kita, yang kita fokuskan justru adalah hal lainnya.

Musik juga dinilai mampu mengubah persepsi seberapa keras kita sudah bekerja. Terlebih saat musik favorit kita diputar, kita akan merasa lebih ringan melakukannya.

Manfaat mendengarkan musik sambil berolahraga menurutnya bisa mulai dilihat dalam tempo dua bulan.

"Banyak yang melaporkan ada perubahan dalam aktivitas olahraga mereka," ujar Ahmed.

Setelah tiga bulan, sejumlah orang melaporkan rasa depresi dan gangguan kesehatan mereka mulai berkurang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com