Perbanyak Peluang Karier dengan Memoles Profil di LinkedIn

Kompas.com - 18/04/2018, 08:38 WIB
Ilustrasi ThinkstockIlustrasi

KOMPAS.com - Dalam dunia kerja, profil yang kita tampilkan di jejaring sosial profesional LinkedIn ibarat etalase. Menampilkannya secara baik akan membuat personal branding kamu lebih kuat.

Pakar pengembangan karier dari LinkedIn Catherine Fisher mengatakan, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk memoles tampilan profil sehingga kita lebih mudah "ditemukan".

1. Tersenyum
Kesan pertama sangat penting, jadi perlakukan foto profil kamu seperti jabat tangan virtual! Pasang foto yang sesuai dengan peran kamu sebagai profesional, tapi juga mudah didekati.

Anggota LinkedIn yang menampilkan foto profil mendapat "kunjungan" 21 kali lebih banyak dan 36 kali lebih banyak pesan.

2. Boleh menyombongkan diri
Sah-sah saja menyombongkan diri dalam profil kamu. Tuliskan semua pengalaman yang relevan dengan tujuan karier atau posisi yang diincar untuk menunjukkan pada pencari kerja bahwa kamu kandidat yang tepat.

Untuk menggambarkan cerita profesional dan prestasi kamu, tambahkan visual seperti foto, video, atau presentasi yang inovatif. Jika kamu baru lulus, tonjolkan pendidikan, pengalaman magang atau relawan.

3. Katakan yang diinginkan
Menurut Fisher, kita tak perlu takut mengungkapkan apa yang diinginkan dalam karier, termasuk juga lokasi kerja. Terkadang perekrut akan menggunakan pencarian berdasarkan lokasi.

4. Ringkas pengalaman
Perbarui profil kamu secara berkala. Menurut Fisher, pengalaman yang akan dilihat adalah dalam jangka waktu kurang dari 5 tahun. Akan lebih baik jika kamu memiliki "skill" baru dari mengikuti training atau ujian sertifikasi dalam waktu dekat. Ini menunjukkan kamu sebagai pribadi yang aktif dan terus belajar.

5. Kepribadian yang bersinar
Curi perhatian dengan membuat ringkasan yang menceritakan siapa kamu, keinginan, dan juga skill yang dimiliki, tak lebih dari 40 kata. Ini akan membuat perekrut melihat kepribadianmu, lebih dari sekadar deretan kata di CV.


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber POP SUGAR
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X