Kompas.com - 18/04/2018, 09:32 WIB
Ilustrasi kekayaan dan kekuatan SjaleIlustrasi kekayaan dan kekuatan

KOMPAS.com - Sebuah riset baru yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology melaporkan jika ada kemungkinan besar kita dapat mengetahui apakah seseorang itu kaya atau miskin hanya dengan melihat wajahnya.

"Hubungan antara kesejahteraan dan kelas sosial telah dibuktikan oleh penelitian sebelumnya," ucap R. Thora Bjornsdottir, selaku salah satu peneliti dalam riset ini.

Menurutnya, orang dengan banyak uang cenderung hidup lebih bahagia, lebih tenang dibandingkan mereka dengan tingkat ekonomi yang rendah. Periset menunjukkan bahwa perbedaan kesejahteraan ini benar-benar tecermin dalam wajah.

Dalam riset ini, R. Thora Bjornsdottir bekerja sama dengan Nicholas O. Rule seorang profesor psikologi dari University of Toronto.

Riset dilakukan dengan merekrut mahasiswa tingkat akhir sebagai subjek penelitian dengan menunjukan foto hitam putih dari 80 pria kulit putih dan 80 wanita kulit putih. Tidak ada foto yang menunjukkan tato atau tindikan.

Setengah dari foto-foto itu adalah orang-orang yang menghasilkan lebih dari 150.000 dolar atau sekitar Rp 2 milyar per tahun, yang dikategorikan sebagai masyarkat kelas atas, dan setengah lainnya adalah orang-orang yang berpenghasilan di bawah 35.000 dolar atau Rp 481 juta per tahun yang dianggap sebagai kelas pekerja.

Ketika peserta diminta untuk menebak kelas orang-orang di foto, sebesar 68 persen peserta riset melakukannya dengan benar, secara signifikan lebih tinggi dari kemungkinan acak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya tidak mengira efeknya akan cukup kentara, terutama mengingat betapa tipis perbedaannya pada wajah, Itu bagian paling mengejutkan dari penelitian ini," papar Nicholas O. Rule.

R. Thora Bjornsdottir juga menambahkan bahwa peserta riset tidak benar-benar mengetahui petunjuk apa yang mereka gunakan ketika mereka membuat penilaian ini.

"Jika kalian bertanya kepada mereka mengapa memilih si A lebih katya dari si B, mereka tidak tahu. Mereka tidak sadar bagaimana mereka melakukan ini," paparnya.

Halaman:


Sumber CNBC

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.