Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/04/2018, 11:11 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Menurut hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, diabetes melitus menjadi salah satu masalah kesehatan masyarakat dunia. Jumlah penderitanya pun kian bertambah dari waktu ke waktu.

Faktanya, salah satu faktor risiko diabetes adalah kelebihan berat badan dan obesitas. Ini sebabnya, penting bagi kita untuk mengetahui apakah termasuk kelebihan berat badan atau bahkan obesitas.

Terdapat berbagai faktor risiko yang memicu timbulnya diabetes, di antaranya usia, kehamilan, stres, konsumsi obat-obatan tertentu, riwayat keluarga, kolesterol tinggi, dan obesitas.

Dilansir dari laman Obesity Society, penyebab diabetes tipe 2 yang paling umum adalah kelebihan berat badan atau obesitas.

Hampir 90 persen orang dengan diabetes tipe 2 juga mengalami obesitas, terutama jika kamu memiliki kelebihan berat badan di sekitar perut (obesitas sentral).

Pasalnya, orang dengan obesitas memberikan tekanan berlebih pada tubuhnya untuk menghasilkan insulin guna mengatur gula darahnya. Karena itulah, mereka cenderung terkena diabetes.

Obesitas sentral atau obesitas abdominal (yang lebih awam dikenal dengan perut buncit atau perut gendut) adalah kumpulan lemak berlebih di daerah perut (abdominal). Obesitas sentral ini memiliki risiko tujuh kali lebih besar menyebabkan diabetes.

Masalahnya, berat badan saja tidak bisa dijadikan patokan obesitas sentral. Banyak orang dengan berat badan tampak normal, tetapi perutnya buncit, sehingga berisiko obesitas sentral serta diabetes.

Oleh karena itu, kita perlu memperhatikan seberapa besar timbunan lemak yang ada di perut. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk memperkirakan risiko obesitas adalah dengan mengukur lingkar pinggang ideal menggunakan jengkal tangan. Bagaimana caranya?

Untuk mendeteksi kesehatan sebagian besar membutuhkan alat-alat tertentu, contohnya timbangan untuk mengukur berat badan, kaliper untuk mengukur lemak tubuh, atau pita ukur untuk mengukur lingkar pinggang.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki alat-alat tersebut. Ada satu cara yang bisa kita coba dalam memperkirakan apakah linggar pinggang ideal atau tidak.

Kita dapat mengukur hanya dengan menggunakan tangan. Akan tetapi, penting dicatat bahwa teknik ini tidaklah sangat akurat sehingga saat ini belum bisa dijadikan metode pengukuran yang 100 persen tepat.

Namun, cara mudah ini tentu sangat membantu kita mewaspadai risiko obesitas dan diabetes sejak dini.

Ukuran jengkal tangan orang dewasa adalah sekitar 20-25 cm. Maka, empat jengkal diperkirakan setara dengan 80-90 cm. Nah, cara ini bisa kita gunakan untuk mendeteksi kemungkinan obesitas sentral.

Baca juga: Sulitnya Menjaga Lingkar Perut di Usia 20-an, 30-an, dan 40-an

Bagaimana cara mengukur lingkar pinggang dengan empat jengkal tangan?

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com