Kompas.com - 18/04/2018, 12:00 WIB
Ilustrasi putus cinta fizkesIlustrasi putus cinta

KOMPAS.com - Bagian paling sulit dari sebuah hubungan barangkali adalah putus dan mengakhiri semua pikiran, kontak, dan juga obsesi tentang si mantan.

Seringkali kita justru tak bisa berhenti memikirkannya dan mulai terobsesi dengannya, walau si dia mungkin sudah move on, berkencan lagi dan menutup masa lalu dengan kita.

Jika semua gambaran di atas mewakili perasaan kamu, mungkin ini saatnya melakukan langkah-langkah berikut:

- Batasi media sosial
Kehadiran media sosial memang membuat obsesi pada masa lalu dengan si mantan sulit dihentikan. Jadi, menurut psikoterapis dan konselor hubungan Toni Coleman, langkah pertama adalah berhenti berteman (unfriend) si mantan.

Paling tidak sampai perasaan kita netral saat melihat akun media sosialnya.

"Selain itu hati-hati juga saat mengecek media sosial temannya si mantan, mungkin kita juga akan melihat foto atau mendengar kabar terbaru tentang si mantan atau gebetan barunya," kata Coleman.

- Singkirkan semua pengingat
Semua hal yang mengingatkan kita pada hubungan yang baru kandas sebaiknya disingkirkan, misalnya kartu-kartu, surat, kado, bahkan baju yang dulu sering dipuji si mantan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pengingat ini bisa memicu emosi yang kuat dan memori, yang akhirnya mengarah pada obsesi," katanya.

- Memaafkan
Ini memang tidak mudah dan butuh kesabaran, tapi menyadari bahwa dengan ikhlas memaafkan kita pun akan lebih mudah melepaskan masa lalu, hati kita akan lebih tenang dan bahagia.

- Jangan menghubunginya
Hindari melakukan kontak dengannya, termasuk memberi komentar atau "like" di akun media sosialnya, sampai kamu bisa menerima putusnya hubungan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.