Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumsi Sayur dan Buah Mentah Mampu TIngkatkan Kesehatan Mental

Kompas.com - 18/04/2018, 22:06 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Riset menunjukan bahwa diet tinggi buah-buahan dan sayuran segar tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental dibandingkan dengan makanan yang dimasak, dikemas dalam kaleng, dan olahan.

Konsumsi buah dan sayuran dapat menurunkan gejala penyakit mental, seperti depresi, dan peningkatan tingkat kesejahteraan psikologis.

Meskipun mengkonsumsi sayuran yang dimasak juga baik untuk kesehatan, namun proses memasak menurunkan kualitas nutrisi tertentu, seperti vitamin C dan membunuh enzim yang penting untuk pencernaan.

Bahkan, beberapa ahli kesehatan juga percaya bahwa diet makanan mentah bisa menjadi gaya hidup yang mendorong lebih banyak konsumsi makanan alami.

Konsumsi makanan mentah dianggap baik untuk menurunkan berat badan karena makanan ini rendah lemak dan kalori daripada makanan yang telah dimasak.

Menurut riset yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Psychology, mempertimbangkan cara pengolahan makanan juga menjadi hal penting ketika menyangkut masalah kesehatan mental.

"Penelitian kami telah menyoroti bahwa konsumsi buah dan sayuran yang belum diolah terkait erat dengan kesehatan mental yang lebih baik dibandingkan dengan buah atau sayuran yang dimasak, dikemas dalam kaleng, dan telah diolah," ucap Tamlin Conner, dosen psikologi senior di the University of Otago, New Zealand.

Baca :Sediakan Waktu Rutin ke Pantai, demi Kesehatan Mental

Conner percaya ini disebabkan karena memasak atau mengolah buah dan sayuran memiliki potensi untuk mengurangi tingkat gizi.

"Ini mungkin membatasi pengiriman nutrisi yang penting untuk fungsi emosional yang optimal," tambahnya.

Ia juga menambahkan bahwa hasil riset ini penting digunakan sebagai pendekatan gaya hidup yang dapat memberikan akses mudah, aman dan membantu meningkatkan kesehatan mental.

Sebagai alternatif, sayur dan buah-buahan seperti wortel, pisang, apel, sayuran berwarna hijau tua seperti bayam, jeruk bali, selada, buah jeruk, buah berry, mentimun, dan buah kiwi adalah 10 makanan mentah utama yang dipercaya mampu membantu mengatasi masalah kesehatan mental.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com