Bau Mobil Baru Tidak Baik untuk Kesehatan

Kompas.com - 19/04/2018, 07:40 WIB
Ilustrasi di dalam mobil bowie15Ilustrasi di dalam mobil
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Apa kamu termasuk orang yang suka menghirup bau mobil baru? Aroma khas yang tertinggal di jok, dasbor, dan semua interior mobil bisa membuat betah berlama-lama berada di dalamnya.

Namun di balik itu semua, menghirup aroma mobil baru ternyata menyimpan sejumlah bahaya untuk kesehatan.

Mungkin sampai saat ini kamu terheran-heran kenapa bisa menyukai bau mobil baru sementara orng lain tidak demikian.

Meski belum bisa diketahui secara pasti, para ilmuwan menduga hal ini disebabkan oleh sensitivitas hidung untuk mencium bau yang berkaitan dengan kenyamanan dan gairah.

Ketika mencium aroma tertentu, saraf penciuman hidung akan mengirimkan informasi sensorik tersebut ke area otak yang berperan memproses emosi dan membentuk ingatan.

Ambil contoh, mencium bau mobil baru cenderung membuat kita berpikir tentang kemewahan dan perasaan puas dengan pencapaian setelah bekerja dan sukses menabung sekian lama.

Karena itu, kita jadi sangat menyukai bau mobil baru berkat emosi dan ingatan positif yang dihadirkannya.

Dilansir dari laman Reader’s Digest, Robert Weitz, seorang pakar mikroba sekaligus pendiri RTK Environmental Group, bau mobil baru yang kita cium sebenarnya berasal dari senyawa organik yang mudah menguap yang disebut dengan VOC (volatile organic compound).

VOC berasal dari campuran bahan yang digunakan untuk membuat interior mobil, di antaranya poliuretan atau poliester, brominated flame retardants (BFR), kromium, timbal dan berbagai cat, plastik, dan sealant (perekat).

Semakin lama kita mencium bau mobil baru, maka semakin banyak gas VOC yang terhirup ke dalam tubuh. Akibatnya, gas hasil VOC akan semakin cepat menyebabkan sakit kepala, gangguan pernapasan, nyeri otot, dan nyeri sendi.

Tidak hanya itu, para peneliti menemukan bahwa lebih dari 275 bahan kimia yang terdapat di dalam interior mobil dapat meningkatkan risiko cacat lahir, gangguan belajar, hingga masalah hati.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X