Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/04/2018, 22:22 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meskipun banyak wanita yang beranggapan bahwa ukuran bukanlah masalah, namun bagai para pria, ukuran penis kerap membuat risau.

Lelaki kadang menganggap bahwa besar kecilnya alat kelamin mereka merupakan ukuran kejantanan. Maka diam-diam banyak yang ingin mengetahui secara pasti ukuran penis yang ideal.

Banyak juga pria yang melakukan upaya agar sisi kejantanan mereka tak terkikis. Tak heran tawaran obat dan terapi membesarkan Mr P laris manis.

Namun, terlepas dari berapapun ukuran simbol kejantanan pria, tahukah kalian ukuran rata-rata penis pria di dunia ini?

Menurut riset yang dilakukan di King's College London dan diterbitkan di British Journal of Urology International, ukuran penis rata-rata mungkin tidak sebesar yang kita pikirkan.

Riset dilakukan dengan menganalisis 17 penelitian yang meneliti ukuran penis lebih dari 15.000 pria. Periset menemukan bahwa rata-rata panjang penis pria - diukur dari pangkal hingga ujung penis - adalah sembilan sentimeter.

Sementara rata-rata lingkar penis pria yang diukur dari pangkal atau bagian tengah adalah 9,4 sentimeter. Namun ketika ereksi, ukuran rata-rata penis membesar menjadi 13 sentimeter dengan lingkar 11,7 sentimeter.

Ilustrasi ukuran penistwinsterphoto Ilustrasi ukuran penis
Baca juga : Yang Perlu Anda Ketahui Soal Ukuran Mr. P

Dari seluruh pria dalam riset ini, hanya 5 persen yang memiliki ukuran penis lebih panjang dari 16 sentimeter ketika ereksi. Sementara itu, lima persen pria memiliki panjang penis sekitar 10 sentimeter ketika ereksi.

Dengan kata lain, sebesar 90 persen pria dalam riset ini memiliki ukuran penis antara 10 sampai 16 sentimeter ketika ereksi.

Para peneliti juga mengeksplorasi beberapa "indikator" ukuran penis yang paling umum untuk melihat hubungan di dalamnya.

Hasilnya, periset menemukan bahwa pria yang memiliki psotur tubuh lebih tinggi, memiliki ukuran penis yang lebih besar ketika ereksi.

Namun, David Veale selaku pemimpin riset ini, mengatakan bahwa fenomena ini hanya terjadi pada sebagian kecil pria.

Baca juga : 5 Pertanyaan yang Sering Muncul Terkait Ukuran Mr.P

Di sisi lain, faktor lain yang dianggap mempengaruhi ukuran penis hanyalah mitos belaka. Faktor-faktor seperti berat badan seorang pria, panjang jari telunjuk, dan ukuran kakinya tidak dapat memprediksi ukuran penis pria secara konsisten.

Bahkan jika ukuran penis kalian sedikit lebih pendek dari rata-rata, tidak ada alasan untuk khawatir.

"Itu bukan masalah bagi 85 persen wanita. Bahkan, wanita mungkin lebih suka penis yang lebih kecil. Lebih besar tidak selalu lebih baik," kata Dr. Veale, seperti yang dikutip dari laman Men'sHealth.

Jadi, berapapun ukuran penismu, kalian masih bisa memuaskan pasangan dengan memilih posisi seks terbaik untuk setiap ukuran penis.

Dengan adanya hasil riset ini, para pria dengan Mr P kecil tak perlu lagi membeli mobil sport atau segala hal untuk membuat dirinya macho.

Baca juga : Ukuran Mr. P Bukan Segalanya, yang Penting Variasi Gaya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com