Kompas.com - 23/04/2018, 12:40 WIB

KOMPAS.com - Selama hamil, aturan soal apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi memang lebih ketat. Salah satunya adalah sushi.

Secara umum makan sushi dan makanan lain yang mengandung ikan mentah aman saat hamil. Tetapi, itu pun tergantung pada jenis ikan yang dipakai dan asalnya.

Ikan mentah seperti salmon dalam sushi terkadang bisa mengandung cacing parasit yang dapat menyebabkan anisakis.

Gejala utamanya adalah sakit perut, mual dan muntah, serta diare.

Mengonsumsi ikan yang tercemar anisakis juga dapat memicu reaksi alergi.

Agar lebih aman, sebaiknya ikan dibekukan dulu karena bisa membunuh cacing yang mungkin terkandung di dalamnya.

Sushi yang mengandung salmon asap pada dasarnya aman dan tidak perlu dibekukan dulu. Proses pengasapan akan membunuh cacing dalam ikan. Metode lain, seperti diasinkan, juga membuat ikan aman dimakan.

Hindari sushi yang mengandung udang mentah, kepiting mentah, atau kerang. Jenis makanan laut ini dalam kondisi mentah dapat mengandung bakteri dan virus penyebab keracunan makanan.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber NHS
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.