Kompas.com - 23/04/2018, 22:22 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Penuaan tidak hanya menyebabkan rambut beruban dan wajah keriput. Berbagai fungsi tubuh juga dapat merosot seiring bertambahnya usia, salah satunya adalah fungsi seksual.

Masalah seks pria biasanya dimulai pada usia 45 sampai 50 tahun. Bahkan mungkin bisa lebih cepat lagi ketika dipengaruhi oleh gaya hidup buruk dan kondisi kesehatan yang kurang bugar.

1. Ereksi melemah

Penis bisa berdiri berkat kerja jantung dan otak yang saling terhubung. Otak menerjemahkan rangsangan seks sebagai sinyal yang diteruskan ke jantung supaya mengalirkan lebih banyak darah untuk mengisi batang penis.

Pria berumur seringkali berhadapan dengan masalah penis yang kurang keras meski sudah ereksi.

Sebenarnya ini normal terjadi karena penuaan menyebabkan kumpulan saraf di penis menjadi kurang sensitif untuk “membaca” rangsangan.

Seiring bertambah usia, kadar testosteron yang dihasilkan tubuh juga bisa menurun.

Penis yang kurang keras tidak selalu berarti kamu mengalami disfungsi ereksi alias impotensi.

Namun kecemasan, stres, dan kekhawatiran mengenai masalah ini secara tak langsung bisa memengaruhi kerja otot penis yang sudah menua sehingga tidak mampu menampung aliran darah yang berkumpul ketika ereksi. Akhirnya, penis jadi cepat loyo.

Masalah seks pria berumur yang satu ini juga bisa dipengaruhi oleh kondisi kesehatan tertentu, seperti penyakit jantung, diabetes, kolesterol tinggi, dan hipertensi.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.