Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 12/09/2022, 04:46 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Penuaan tidak hanya menyebabkan rambut beruban dan wajah keriput. Berbagai fungsi tubuh juga dapat merosot seiring bertambahnya usia, salah satunya adalah fungsi seksual.

Masalah seks pria biasanya dimulai pada usia 45 sampai 50 tahun. Bahkan mungkin bisa lebih cepat lagi ketika dipengaruhi oleh gaya hidup buruk dan kondisi kesehatan yang kurang bugar.

1. Ereksi melemah

Penis bisa berdiri berkat kerja jantung dan otak yang saling terhubung. Otak menerjemahkan rangsangan seks sebagai sinyal yang diteruskan ke jantung supaya mengalirkan lebih banyak darah untuk mengisi batang penis.

Pria berumur seringkali berhadapan dengan masalah penis yang kurang keras meski sudah ereksi.

Sebenarnya ini normal terjadi karena penuaan menyebabkan kumpulan saraf di penis menjadi kurang sensitif untuk “membaca” rangsangan.

Seiring bertambah usia, kadar testosteron yang dihasilkan tubuh juga bisa menurun.

Penis yang kurang keras tidak selalu berarti kamu mengalami disfungsi ereksi alias impotensi.

Namun kecemasan, stres, dan kekhawatiran mengenai masalah ini secara tak langsung bisa memengaruhi kerja otot penis yang sudah menua sehingga tidak mampu menampung aliran darah yang berkumpul ketika ereksi. Akhirnya, penis jadi cepat loyo.

Masalah seks pria berumur yang satu ini juga bisa dipengaruhi oleh kondisi kesehatan tertentu, seperti penyakit jantung, diabetes, kolesterol tinggi, dan hipertensi.

Kondisi-kondisi ini mengganggu sirkulasi darah dan kerja saraf sehingga membuat pria semakin sulit untuk mencapai dan mempertahankan ereksi dalam waktu lama.

Baca juga : 10 Tips Agar Ereksi Makin Kuat

Ilustrasi masalah seks pria Ridofranz Ilustrasi masalah seks pria
2. Rentan ejakulasi dini

Ejakulasi dini adalah salah satu masalah seks pria yang paling umum. Setidaknya 1 dari 3 pria pernah mengalaminya sekali dalam seumur hidup. Risiko masalah ini pun bisa meningkat seiring bertambahnya usia.

Dilansir dari Psychology Today, sebuah penelitian dari University of Chicago menunjukkan bahwa sekitar 31% kasus ejakulasi dini terjadi pada pria usia 50 tahun, 30% pada pria usia 60 tahun, dan 50% terjadi pada rentang usia 70-85 tahun.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan ejakulasi dini. Mulai dari faktor psikologis seperti stres berat, kecemasan, dan depresi, hingga kondisi kesehatan tertentu seperti diabetes, penyakit jantung, gangguan prostat, dan hipertensi yang umum dialami oleh pria berumur.

Halaman:
Baca tentang
Sumber


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com