Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Rahasia Tetap Sehat dan Bugar meski Sudah Berumur

Kompas.com - 25/04/2018, 08:43 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Fungsi tubuh akan menurun seiring bertambahnya usia. Proses penuaan tersebut dimulai dari munculnya keriput kemudian secara perlahan sistem kekebalan tubuh mulai melemah sehingga lebih mudah terkena penyakit.

Namun kita tidak perlu khawatir karena penuaan memang tidak bisa dihentikan tapi bisa diperlambat. Meski sudah masuk usia 60-an, kita tetap bisa hidup dengan sehat dan bugar.

Cara menjaga kesehatan lansia 60 tahunan

1. Tetap aktif

Menginjak usia 60 tahun, aktivitas yang kita lakukan tidak mungkin sama seperti yang dulu. Mungkin orang berumur lebih banyak menghabiskan waktu di rumah ketimbang melakukan aktivitas di luar ruangan.

Tetapi bukan berarti kita berhenti bergerak aktif. Jangan jadikan hal ini untuk menghentikan jadwal olahraga rutin. Bahkan bagi mereka yang baru mau memulai hidup sehat, tak ada kata terlambat untuk berolahraga dengan teratur.

Olahraga sudah jadi kebutuhan bagi semua kalangan, termasuk lansia. Namun, jenis dan intensitas olahraga yang dilakukan tentu harus disesuaikan dengan kondisi tubuh. Beberapa manfaat olahraga untuk kesehatan lansia yaitu:

  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Meningkatkan produksi hormon endorfin, yang bisa mengurangi stres
  • Menjaga berat badan tetap normal
  • Meningkatkan kekuatan tulang

Bahkan olahraga juga baik bagi kesehatan otak lansia. Semakin tua, fungsi otak mengalami penurunan sehingga lansia menjadi lebih mudah lupa.

Penyakit yang menyerang sistem saraf pusat pun banyak berkembang, seperti penyakit alzheimer, demensia vaskular, atau penyakit Parkinson.

Menjaga tubuh tetap aktif dapat memperlambat proses penuaan pada sel-sel dan jaringan di otak sekaligus menurunkan risiko penyakit pada otak.

Selain olahraga, lansia tetap bisa aktif dengan kegiatan lain, misalnya berkebun, bermain bersama cucu, atau membuat kerajinan tangan.

Baca juga : 11 Trik untuk Memaksakan Diri Hidup Aktif

2. Makan makanan sehat

Supaya kesehatan lansia terus terjaga, maka kunci utama lainnya adalah mengonsumsi makanan yang sehat.

Sayangnya, cara ini mungkin akan terkendala masalah lain, yaitu saat menua kemampuan mengecap rasa juga kian berkurang.

Apalagi banyak makanan yang tidak diperbolehkan untuk dimakan dan penggunaan garam juga dikurangi sehingga selera makan pada lansia bisa menurun.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com