Kompas.com - 25/04/2018, 08:43 WIB
Ilustrasi pasangan DragonImagesIlustrasi pasangan
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Fungsi tubuh akan menurun seiring bertambahnya usia. Proses penuaan tersebut dimulai dari munculnya keriput kemudian secara perlahan sistem kekebalan tubuh mulai melemah sehingga lebih mudah terkena penyakit.

Namun kita tidak perlu khawatir karena penuaan memang tidak bisa dihentikan tapi bisa diperlambat. Meski sudah masuk usia 60-an, kita tetap bisa hidup dengan sehat dan bugar.

Cara menjaga kesehatan lansia 60 tahunan

1. Tetap aktif

Menginjak usia 60 tahun, aktivitas yang kita lakukan tidak mungkin sama seperti yang dulu. Mungkin orang berumur lebih banyak menghabiskan waktu di rumah ketimbang melakukan aktivitas di luar ruangan.

Tetapi bukan berarti kita berhenti bergerak aktif. Jangan jadikan hal ini untuk menghentikan jadwal olahraga rutin. Bahkan bagi mereka yang baru mau memulai hidup sehat, tak ada kata terlambat untuk berolahraga dengan teratur.

Olahraga sudah jadi kebutuhan bagi semua kalangan, termasuk lansia. Namun, jenis dan intensitas olahraga yang dilakukan tentu harus disesuaikan dengan kondisi tubuh. Beberapa manfaat olahraga untuk kesehatan lansia yaitu:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Meningkatkan produksi hormon endorfin, yang bisa mengurangi stres
  • Menjaga berat badan tetap normal
  • Meningkatkan kekuatan tulang

Bahkan olahraga juga baik bagi kesehatan otak lansia. Semakin tua, fungsi otak mengalami penurunan sehingga lansia menjadi lebih mudah lupa.

Penyakit yang menyerang sistem saraf pusat pun banyak berkembang, seperti penyakit alzheimer, demensia vaskular, atau penyakit Parkinson.

Menjaga tubuh tetap aktif dapat memperlambat proses penuaan pada sel-sel dan jaringan di otak sekaligus menurunkan risiko penyakit pada otak.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X