Kompas.com - 25/04/2018, 14:14 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Olahraga memiliki segudang manfaat, dan bila dilakukan dengan benar akan membuat tubuh terasa lebih segar dan bugar setelahnya.

Namun, beberapa orang justru mengeluhkan rasa ngantuk setelah olahraga. Apakah ini hal yang normal? Apa penyebabnya?

Dilansir dari laman Livestrong, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang ngantuk setelah olahraga, di antaranya:

  • Jarang olahraga dan baru mulai melakukan olahraga secara rutin. Tubuh akan mulai beradaptasi dan merespon sebagai rasa lelah yang menyebabkan rasa mengantuk beberapa jam kemudian setelah berolahraga.
  • Kadar gula darah dalam tubuh terlalu rendah.
  • Tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi.
  • Intensitas latihan terlalu berat yang belum pernah dilakukan sebelumnya.
  • Olahraga secara berlebihan, atau yang biasa disebut overtraining, akan membuat tubuh mudah lelah yang akhirnya menyebabkan mengantuk.

Menurut dr. Pauline Powers, seorang psikiater asal Amerika Serikat dalam bukunya Exercise Balance, olahraga terlalu berlebihan bisa meningkatkan risiko cedera, pengeroposan tulang, hingga menyebabkan beberapa orang menderita gangguan makan.

Jika kamu telah melakukan olahraga rutin dalam waktu yang cukup lama tapi masih merasa lelah dan mengantuk, bisa jadi kamu mengalami beberapa masalah kesehatan.

Mungkin kamu memiliki risiko anemia, masalah hormon, serta masalah pada sistem metabolisme yang membuat sering merasa lelah dan mengantuk.

Baca juga : Kenapa Perlu Melakukan Pendinginan Setelah Olahraga?

Ilustrasi tidur dan olahragaTuiPhotoengineer Ilustrasi tidur dan olahraga
Selain itu, coba cek lagi berapa jam kamu tidur setiap malam. Pasalnya, kurang tidur juga bisa menjadi penyebab hal ini.

The National Sleep Foundation merekomendasikan untuk tidur selama 7-9 jam untuk orang dewasa, untuk mencegah kamu merasa lelah dan ngantuk setelah olahraga.

Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya melakukan olahraga secara rutin. Sebab rasa lelah yang akhirnya bisa menyebabkan kantuk akan memudar jika tubuh telah berhasil menyesuaikan diri dan terbiasa dengan latihan olahraga.

Seiring berjalannya waktu, olahraga dapat meningkatkan energi seseorang, bukan malah menguranginya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.