Kompas.com - 26/04/2018, 10:25 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Banyak orang ingin bersepeda ke kantor atau tempat lain, namun jarak yang terlalu jauh sering menjadi hambatan. Pasalnya tidak semua orang kuat mengayuh berkilo-kilometer.

Untuk mengatasi hal itu, sebagian orang kemudian menggunakan sepeda listrik. Tetapi sepeda jenis ini seringkali membuat pengendaranya sama sekali tidak mengayuh, sehingga manfaat kesehatan jadi berkurang.

Nah, agar tetap mengayuh namun tidak terlalu berat, pilihan alternatifnya adalah sepeda pedal elektrik atau Pedelec (pedal electric cycle).

Berbeda dengan sepeda listrik yang dapat berjalan tanpa perlu dikayuh dan lebih mengarah pada kategori kendaraan bermotor, pedelec memilki fungsi yang sama seperti sepeda pada umumnya.

Yang membedakan adalah sepeda pedelec bergerak dari hasil perpaduan tenaga pedaling yang dilakukan oleh pesepeda dan energi listrik yang dihasilkan oleh baterai pendukung.

Tenaga dari baterai ini dimaksudkan untuk menghemat tenaga pengendara sehingga memaksimalkan menjelajah lebih jauh.

Salah satu pedelec yang bisa diperoleh di Indonesia adalah seri Path-E buatan Polygon. Seri Path sendiri sebelumnya merupakan seri sepeda urban untuk digunakan di jalan perkotaan, dan kemudian dimodifikasi menjadi pedelec.

"Sepeda ini menjawab kebutuhan pesepeda urban untuk kegiatan bike to work ataupun menjelajahi kota tanpa perlu memikirkan jarak tempuh," kata Devina Susilo, Head of Marketing Comunications Polygon Bikes.

Baterai pada polygon Path Epolygon Baterai pada polygon Path E
Menurut Devina, Path-E dirancang mengutamakan aspek ramah lingkungan karena penggerak utama sepeda adalah tenaga dari pedaling yang dilakukan oleh pesepeda dan tidak menggunakan bahan bakar, melainkan menggunakan baterai Lithium-Ion.

Path-E juga mendorong pesepeda yang berkemampuan riding dan stamina yang berbeda untuk tetap dapat bersepeda bersama.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.