Apa Efeknya bagi Kesehatan kalau Sering Olahraga Malam-malam?

Kompas.com - 27/04/2018, 18:48 WIB
Ilustrasi lari malam hari jacoblundIlustrasi lari malam hari
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kesibukan padat sering bikin kita tidak punya waktu berolahraga di pagi atau siang hari, sehingga banyak yang memilih untuk olahraga malam-malam.

Tapi bagi kamu yang suka olahraga malam hari harus waspada. Olahraga, kapan pun itu, memang sehat, tapi efeknya bisa berbalik merugikan jika dilakukan larut malam.

Ini ada hubungannya dengan jam biologis tubuh. Jika terlalu malam, jam biologis tubuh akan mengingatkan kita akan waktunya tidur.

Jika kita memaksa olahraga malam-malam, perubahan “jadwal” ini bisa mengecoh jam biologis yang mengatur bagaimana tubuh berfungsi.

Akibatnya, tubuh jadi mudah sakit dan cepat capek. Lalu, apa saja dampak kesehatan yang timbul akibat suka olahraga malam hari?

1. Berkurangnya daya tahan tubuh

Olahraga malam hari bisa membuat daya tahan tubuh berkurang, karena tubuh akan kehilangan banyak energi tanpa ada jeda yang cukup untuk beristirahat setelah seharian beraktivitas.

Apalagi jika intensitas olahraganya tergolong berat atau membutuhkan banyak tenaga, seperti angkat beban atau berenang. Daya tahan tubuh yang lemah membuat kita rentan terhadap beberapa penyakit, seperti flu atau demam.

2. Gampang sesak napas

Udara malam mengandung oksigen yang lebih sedikit dibanding pagi atau sore. Nah, berolahraga ketika kadar oksigen lingkungan sedang minim membuat kita jadi lebih gampang lelah dan kecapekan.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X