Mengenal Ri Sol Ju, Istri Kim Jong Un yang "Misterius"...

Kompas.com - 28/04/2018, 09:00 WIB
Foto yang dirilis kantor berita Korea Utara KCNA pada 28 Maret 2018 memperlihatkan Kim Jong Un berpose bersama istrinya Ri Sol Ju saat berkunjung ke Beijing, China.
KCNA VIA KNS / AFPFoto yang dirilis kantor berita Korea Utara KCNA pada 28 Maret 2018 memperlihatkan Kim Jong Un berpose bersama istrinya Ri Sol Ju saat berkunjung ke Beijing, China.

KOMPAS.com - First Lady Korea Utara, Ri Sol Ju, menemani suaminya di sebuah perjamuan pasca-KTT dengan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, pada hari Jumat (27/4/2018).

Kehadirannya pada jamuan makan malam tersebut dianggap oleh para analis akan menjadi idola baru bagi banyak orang.

Berdasarkan laporan CNN, selama beberapa bulan terakhir ini Ri Sol Ju telah membuat penampilan reguler di sisi suaminya, sejalan dengan membaiknya hubungan Korea Utara dan Selatan.

Sejak tampil pertama kali di acara resmi pada tahun 2011, tepatnya saat pemakaman ayah mertuanya, Kim Jong Il, Ri telah memberi kesan yang sangat berbeda dengan pendahulunya.

Ia telah menempati peran yang lebih mirip dengan istri seorang pemimpin negara barat.

Selama bertahun-tahun, istri Kim Jong Un ini telah menjadi 'wanita misterius' yang banyak menimbulkan pertanyaan publik.

Baca: Penampilan Modis Istri Kim Jong Un Saat Berkunjung ke China

Sangat sedikit kabar mengenai dia yang beredar. Pada pertengahan 2012, masih ada spekulasi bahwa "wanita misterius" yang terlihat bersama Kim di acara resmi adalah saudara perempuan yang jarang terlihat atau kerabat lainnya.

Media pemerintah tidak mengumumkan pernikahan Kim dan Ri hingga Juli 2012, sekitar tiga tahun setelah intelijen Korea Selatan yakin pernikahan itu telah berlangsung.

Istri-istri ayah dan kakek Kim jarang muncul di hadapan publik.

Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X