Kompas.com - 29/04/2018, 11:17 WIB
Ilustrasi makanan junk food Hill Street StudiosIlustrasi makanan junk food
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Banyak orang yang terbiasa sarapan siang-siang, atau populer disebut brunch. Alasannya beragam. Mungkin karena tidak sempat, bangun kesiangan, takut terlambat tiba di tempat tujuan, atau karena belum nafsu saja kalau harus makan pagi.

Ada pula yang menyantap brunch sebagai pengganjal lapar di antara waktu sarapan dan makan siang.

Katanya, sarapan siang-siang bisa membantu menurunkan berat badan karena kita masih merasa kenyang ketika waktu makan selanjutnya tiba, sehingga porsi makan pun berkurang. Benarkah seperti itu?

Menu brunch biasanya tidak terlalu berat seperti makanan utama, tapi juga bukan termasuk camilan. Yang biasanya disantap saat sarapan siang-siang adalah mie ayam, gado-gado, telur, hingga ketoprak.

Beberapa orang mungkin saja makan bubur atau nasi uduk komplit meski sudah siang. Sejumlah restoran juga menyajikan menu brunch ala Barat, seperti pancake, wafel, omelet, hingga burger dan pasta.

Baca juga : Ingin Turunkan Berat Badan? Jangan Pernah Lewatkan Sarapan

Brunch sebenarnya bisa membantu diet, asalkan…

Ketika membicarakan baik buruknya sarapan siang, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Mulai dari jenis menu, porsinya, waktu makannya, dan apa tujuannya.

Misalnya, menjadikan brunch sebagai selingan antara makan pagi dan makan siang. Karena sebelumnya sudah sarapan, porsi brunch harusnya lebih sedikit dari makan berat biasanya — hanya sekadar untuk mengganjal perut dulu.

Ketika nanti makan lagi, maka seseorang akan cenderung menyantap makanan dalam porsi yang lebih sedikit.

Pola makan teratur seperti ini tentu baik untuk yang sedang diet menurunkan berat badan, juga baik untuk mempertahankan energi dan gula darah yang stabil.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.