Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Hal yang Tak Kita Sadari Bisa Merusak Kulit Wajah

Kompas.com - 30/04/2018, 07:08 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa hal yang kita lakukan sehari-hari bisa jadi justru merusak kulit wajah kita tanpa kita sadari.

Sonia Batra, M.D., dermatolog di The Doctor and Fransesca Fusco, M.D dan profesor sekolah medis di Mount Sinai menjelaskannya. Apa saja kesalahan-kesalahn tersebut?

1. Terlalu banyak pakai tabir surya di bagian pipi

Kita seringkali melewatkan 10 persen bagian dari wajah kita ketika mengaplikasikan tabir surya. Dengan kata lain, kita hanya fokus pada bagian pipi saja.

Agar tabir surya menutup wajah secara sempurna, gunakan lah SPF 30 kurang lebih seukuran koin, pastikan menutupi bagian-bagian yang paling rentan terhadap kanker kulit. Seperti kulit di sekitar mata (lewatkan bagian kelopak), batang hidung, garis rambut, samping, dan telinga.

Jika membutuhkan perlindungan segera, pilihlah formula berbasis mineral yang terdiri dari zinc dan titanium oxide. Tabir surya butuh waktu sekitar 20 menit untuk meresap ke kulit.

2. Terlalu sering menggunakan masker

Menggunakan masker wajah memang terkadang bis merelaksasi dan terasa segar. Namun, jangan lakukan ini setiap malam. Formula seperti alpha hydroxy acids, glycolic acid, and salicylic acid bisa membuat kulit kering dan iritasi jika digunakan terlalu sering.

Efek lain, bisa juga menyumbat pori-pori jika ditambah dengn produksi minyak wajah.
Gunakanlah masker wajah cukup satu atau dua kali setiap minggu dan setelahnya, aplikasikanlah lotion yang mengandung hyaluronic acid untuk merehidrasi kulit.

3. Terlalu banyak konsumsi kafein

Kafein jika dikonsumsi terlalu banyak bisa membuat lapisan kulit dehidrasi, memicu garis-garis halus dan membuat wajah tampak lelah. Konsumsilah kopi cukup 300 miligram per harinya.

4. Tidur di satu sisi

Tidur pada satu sisi saja bisa memicu timbulnya lipatan dan kerutan wajah. Sementara bakteri dan minyak yang menempel ke bantal akan menimbulkan breakout atau komedo.

Jika tidak bisa tidur terlentang, gunakan bantal bersarung sutra bisa mengurangi lipatan wajah. Jangan lupa mencucinya setiap beberap hariagar terhindar dari jerawat.

5. Merapikan alis dengan teliti

Merapikan alis jika tak dilakukan dengan baik bisa memicu jerawat atau peradangan kulit. Pastikan melakukan waxing atau pencabutan alis dari akarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com