Ingin Turunkan Berat Badan dengan Jalan Kaki? Ketahui Tipsnya

Kompas.com - 30/04/2018, 16:00 WIB
IlustrasiShutterstock Ilustrasi

KOMPAS.com - Sejumlah orang yang ingin menurunkan berat badan dan memasang target khusus berpikir bahwa untuk menurunkan berat badan perlu melakukan olahraga yang banyak mengeluarkan keringat.

Padahal, olahraga sederhana seperti jalan kaki ternyata juga bisa efektif menurunkan berat badan.

Menurut The American College of Sports Medicine, rata-rata orang membutuhkan waktu total sekitar4 jam aerobik perminggu secara intensif untuk menurunkan berat badan.

Meski begitu, ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan jika kita ingin membuktikan hasil yang efektif dari berjalan kaki.

"Jalan kaki adalah salah satu metode yang paling efektif dan aman untuk menurunkan berat badan," kata A'Tondra Vinchealle, personal trainer tersertifikasi dan pemilik A'StrongerU Fitness di Houston.

Namun, penting untuk mengetahui ukuran 'intensitas moderat' karena setiap orang memiliki kemampun yang berbeda.

Tidak sembarang jalan kaki, kita juga harus memastikan bahwa pada titik tertentu kita merasakan agak kehabisan nafas.

Jika biasanya berjalan lambat dan bukan tergolong pejalan kaki aktif, maka kita harus melatih diri kita agar bisa beralih menjadi 'power walk'. Sebab, jalan kaki menggerakan banyak otot tubuh pada saat yang bersamaan.

Namun, penting juga untuk memahami bahwa tanpa konsistensi, olahraga jalan kaki ini membutuhkan waktu lama untuk menunjukkan hasil yang dicari.

"Jika kamu kehabisan nafas, maka di situ lah kamu mencapai 'starting point' dari efektivitas larimu," tuturnya.

Ia menambahkan, jika kita baru pertama berolahraga atau baru memulainya kembali setelah berhenti beberapa lama maka kita mungkin akan melihat hasil yang cepat di awal.

Namun setelah sekitar enam minggu atau lebih kita akan mengalami plateau atau berat badan stagnan.

"Ketika tidak ada yang salah dengan metode power walking untuk menurunkan berat badan, kita harus realistis dengan hasilnya dan memahami perlunya waktu untuk mendapatkan hasil tersebut," kata dia.

Vinchealle juga menekankan pentingnya fokus mengkonsumsi nutrisi tertentu saat jalan kaki untuk menurunkan berat badan.

Jika belum memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan bernutrisi seimbang, maka olahraga apapun tidak akan memberi hasil penurunan berat badan yang berkelangsungan.

Kebiasaan tersebut tak harus rumit. Kita bisa memulainya dengan kebiasaan kecil, seperti menambahkan sayuran ke dalam mangkuk makan kita atau mengkonsumsi segelas air lemon.

Kebiasaan-kebiasaan tersebut akan membantu kita agar terhindar dari makan terlalu banyak dan akan mendekatkan kita dengn target menurunkan berat badan.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X