Kompas.com - 02/05/2018, 08:09 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengendarai sepeda motor Royal Enfield Bullet 350 cc bergaya chopper di Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (8/4/2018). KOMPAS.com/IhsanuddinPresiden Joko Widodo atau Jokowi mengendarai sepeda motor Royal Enfield Bullet 350 cc bergaya chopper di Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (8/4/2018).
JAKARTA, KOMPAS.com -  Brand Nevertoolavish berencana meluncurkan kembali jaket denim custom yang dibuat untuk Presiden RI Joko Widodo. Jaket yang dijual untuk umum itu hanya diproduksi terbatas, 100 buah.

Kepada Kompas.com, pendiri Nevertoolavish, Haudy, mengungkapkan akan menggandeng label Tugasnegarabos. Adapun label ini digawangi dua putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep.

Khusus untuk jaket denim, Nevertoolavish mempercayai produksi lokal dari Ayedenim.

Menariknya, meskipun diproduksi massal, jaket denim custom ini tetap dilakukan dengan proses handpaint.

Gambarnya pun dipastikan akan serupa seperi yanh dikenakan Jokowi. Sayangnya, hingga kini belum ada informasi lebih jauh soal harga, waktu rilis dan cara pemesanan.

Namun dia memastikam akan dijual melalui salah satu online platform lokal.

Filosofi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jaket denim Jokowi memiliki filosofi mendalam soal Indonesia. Pada bagian depan, seniman menggambar peta Indonesia menggunakan nuansa Merah Putih.

Maknanya, Indonesia adalah negara besar yang memiliki lebih dari 17.000 pulau.

Pada bagian belakang, tersusun kata "Indonesia" melapisi warna dasar merah dan putih.

 

Setiap huruf dihias dengan beragam gambar yang menunjukkan keberagaman budaya di Indonesia.

Misalnya, Tari Saman, kain Sasirangan khas Banjarmasin, wayang kulit, Candi Borobudur hingga budaya di Papua.

"Filosofi konsep ini adalah bendera Merah Putih sebagai bendera Indonesia yang bisa menyatukan belasan ribu pulau dan keberagaman budaya yang ada di Indonesia," ujar pemilik Nevertoolavish Haudy.

"Nah artinya ini bukan gambar macam-macam, ini kan Indonesia. Semuanya tentu berhak mengamini nilai filosofis itu," ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.