Kompas.com - 02/05/2018, 09:51 WIB
Ilustrasi minum kopi flilIlustrasi minum kopi
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pernahkah kamu merasa lebih sering ingin buang air kecil setelah minum kopi? Itu adalah salah satu tanda bahwa kopi bisa membuat tubuh kita dehidrasi.

Sebetulnya tak hanya kopi yang membuat kita sering ke toilet, namun juga minuman lainnya yang mengandung kafein seperti soda dan teh.

"Kafein memiliki efek diuretik yang akan membuat kita buang air kecil lebih sering daripada saat normal," kata Ahli Penyakit Dalam dan spesialis obat-obat obesitas, Charlie Seltzer, MD kepada PopSugar.

Dalam porsi yang sama, kata dia, minuman berkafein akan mengeliminasi lebih banyak air ketimbang jika mengkonsumsi air biasa.

"Mengkonsumsi kopi dalam ukuran delapan ons akan membuat tubuh terhidrasi daripada tidak meminum apapun. Tapi efek hidrasinya akan lebih sedikit daripada minum delapan ons air," kata Dr Seltzer.

Baca juga : Tingkatkan Metabolisme Tubuh dengan Kopi

Jadi, apakah minum kopi membuat dehidrasi? Secara teknis, ya. Namun sangat kecil dampaknya dan tidak akan merusak sistem tubuh secara keseluruhan.

Bahkan jika kamu tergolong penggila kopi, meminum beberapa gelas kopi (dalam jumlah wajar) masih tak menjadi masalah.

Hanya saja, pastikan kita juga mengkonsumsi banyak air untuk kesehatan tubuh, kulit dan energi.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.