Kompas.com - 03/05/2018, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Banyak orang berpikir, belajar bahasa asing ketika masa kanak-kanak akan lebih mudah daripada ketika memasuki usia dewasa.

Lalu, apakah benar-benar ada 'masa kritis' untuk mempelajari bahasa asing?

Sebuah riset terbaru mengungkap, adanya usia tertentu yang membuat pembelajaran bahasa asing tak lagi efektif.

Lantas, kapan waktu terbaik untuk mempelajari bahasa asing?

Menurut riset yang dilakukan oleh Massachusetts Institute of Technology, Amerika Serikat, belajar bahasa asing sebelum usia 10 tahun akan membantu seseorang mencapai tingkat kemahiran serupa dengan penutur asli.

Menariknya, -seperti dilansir laman the Independent, mereka yang berusia 17 atau 18 tahun tetap memiliki keterampilan tinggi dalam memahami tata bahasa dari bahasa baru, meski pemahaman tersebut juga akan berkurang.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, periset mengukur kemampuan gramatikal 670.000 orang dari berbagai usia dan kebangsaan menggunakan kuis.

Selain itu, periset juga mempertimbangkan faktor usia, berapa lama mereka belajar Bahasa Inggris, dan kondisi pembelajaran, sebelum mereka diminta untuk menentukan apakah kalimat tersebut benar secara tata bahasa.

Hasilnya, sekitar 246.000 peserta hanya menguasai Bahasa Inggris. Sisanya, mampu berbicara setidaknya dua bahasa, bahkan lebih.

Rata-rata bahasa asli peserta dalam riset -tidak termasuk bahasa Inggris - adalah bahasa Finlandia, Turki, Jerman, Rusia, dan Hongaria.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.