Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kebiasaan Mandi yang Ternyata Merugikan Kesehatan

Kompas.com - 04/05/2018, 06:06 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com — Kamu mungkin berpikir bahwa mandi adalah suatu yang sepele. Tinggal menyiramkan air ke seluruh tubuh, memakai sabun, dan membilasnya hingga bersih.

Namun, apakah kamu yakin cara mandimu selama ini sudah benar? Pasalnya, ada beberapa kebiasaan mandi yang ternyata tidak baik untuk kesehatan.

Tidak hanya menghilangkan bau badan, mandi juga dapat membuat tubuh terasa lebih segar. Sensasi air yang membasahi tubuh membantu melemaskan otot dan melepaskan kepenatan sehingga tubuh terasa lebih tenang.

Meski demikian, coba pertimbangkan lagi teknik mandi yang kamu lakukan setiap hari. Kepada Reader’s Digest, dr Patricia Farris, dokter kulit asal Tulane University, mengatakan bahwa kebiasaan mandi yang salah dapat membuat kulit menjadi kering dan gatal, bahkan bisa menjadi eksim.

Semakin bertambah usia, kelenjar minyak di kulit akan semakin menipis sehingga kita menjadi lebih rentan mengalami kulit kering. Ini tentu akan diperparah oleh kebiasaan mandi yang tidak tepat.

Baca juga: Kesalahan yang Kerap Dilakukan Saat Mandi

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan mandi yang ternyata selama ini salah.

1. Menggosok kulit kepala dengan kuku jari

Menggosok kulit kepala saat keramas memang terasa enak. Akan tetapi, efeknya justru akan berkebalikan dan berbahaya bila kamu melakukannya dengan kuku jari.

Kebiasaan menggosok kulit kepala dengan kuku jari biasanya dilakukan agar sampo menghasilkan lebih banyak busa dan kepala lebih bersih.

Sayangnya, hal tersebut dapat menyebabkan pengelupasan dan melukai kulit kepala.

Jadi, pastikan menghentikan kebiasaan ini. Para ahli menyarankan cukup menggunakan ujung jari guna menghasilkan busa sembari menggosok kulit kepala. Cara ini pun tentu lebih aman dari risiko melukai kulit kepala.

Selain itu, hindari kebiasaan menjepit dan menggosok rambut dengan dua telapak tangan karena dapat membuat ujung rambut bercabang.

Baca juga: Jangan-jangan Ketombe di Kulit Kepala Anda akibat Cara Keramas yang Salah

2. Sabun tidak mengandung pelembap

Jenis sabun apa yang biasanya kamu gunakan, sabun cair atau sabun batang? Ya, jenis sabun yang kamu gunakan turut memengaruhi baik atau buruknya kebiasaan mandi.

Kalau kamu lebih suka menggunakan sabun batang, pastikan sabun itu mengandung pelembap. Pasalnya, sabun tanpa kandungan pelembap dapat membuat kulit menjadi kering. Gunakan sabun yang mencantumkan kata "melembapkan" pada kemasan.

Baca juga: Bagaimana Memilih Sabun Mandi yang Cocok untuk Kulit?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com