Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/05/2018, 12:53 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Teknik pelurusan rambut terus berevolusi. Jika dulu rambut keriting yang diluruskan di salon menghasilkan rambut yang sangat lurus dan kaku, kini hadir inovasi pelurusan dengan hasil lebih natural.

Matrix Indonesia meluncurkan generasi terbaru pelurusan (smoothing) rambut, yaitu Collagen Sculpting.

Didukung dengan teknologi dari rangkaian OptiScult dan OptiCare, hasil akhir dari layanan pelurusan ini adalah rambut lurus dan lembut. Prosesnya juga tidak menghasilkan bau kimia yang menyengat.

"Kalau dulu pelurusan rambut benar-benar lurus, flat, dan terlihat tipis. Sekarang tidak lagi," kata Candra Suyatno, Tecnical Manager Matrix Indonesia dalam acara peluncuran Collagen Sculpting di Jakarta (3/5).

Ia menjelaskan, hasil akhir yang sangat lurus seperti itu memiliki sisi positif dan negatif.

"Positifnya, rambut benar-benar lurus. Tapi, sisi negatifnya jadi susah berganti gaya rambut. Misalnya kalau akan dibuat curly atau sedikit ikal tidak akan awet karena setting-nya lurus. Selain itu rambut juga terlihat sangat tipis," ujarnya.

Dengan Collagen Sculpting, menurut Candra, hairdresser dapat membentuk rambut dengan dua tampilan, yaitu lurus atau ikal natural.

"Satu produk bisa menghasilkan dua tampilan, bisa dibentuk sesuai keinginan klien," ujarnya.

Menurut hairdresser dari Salon Cipta, Tangerang, Stevano, kebanyakan klien yang datang ke salonnya menginginkan rambut yang gampang ditata.

"Mereka ingin rambut yang lurus natural dan ikal yang bukan keriting mengembang," kata Stevano.

Dijelaskan oleh Candra, untuk mereka yang ingin mendapatkan rambut sedikit ikal, Collagen Sculpting ini akan menciptakan fondasi rambut sehingga lebih mudah dibentuk.

"Jadi kalau rambut di-blow lebih awet bentuk ikalnya, bisa bertahan sampai 3 hari," katanya.

Collagen Sculpting juga memiliki formula berbeda sesuai dengan derajat keriting rambut.

Menurut Brand General Manager Matrix Indonesia, Amanda Indarwulan, teknik smoothing terbaru ini sudah tersedia di seluruh salon Matrix di seluruh Indonesia mulai bulan April 2018.

"Menjelang Lebaran adalah masa permintaan smoothing yang paling tinggi dalam setahun," kata Amanda.

Untuk menjaga kelembaban rambut setelah proses pelurusan, disarankan untuk melakukan perawatan di rumah dengan rangkaian sampo, kondisioner, dan losion khusus rambut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com