Kanye West Dituduh Curi Sketsa Milik Mantan Desainer Nike

Kompas.com - 04/05/2018, 16:13 WIB
. VIA IG @diet_prada.

KOMPAS.com - Mantan desainer Nike yang kini menjabat sebagai Direktur Desain Givenchy Tony Spackman membuka perseteruan dengan pesohor, Kanye West yang dikenal pula sebagai perancang sepatu.

Spackman menuduh West mencuri desainnya.

Awalnya, pada salah satu foto di antara sekian banyak unggahan West di akung Twitter-nya, dipajang sketsa struktur kaki manusia.

Pada unggahan itu disertakan penjelasan berbunyi, "Di sinilah pendalaman untuk Yeezy dimulai dari dasar. Saya sangat bersemangat tentang tim desain baru kami."

Baca juga: Kanye West Sebut Yeezy Lebih Unggul Ketimbang Jordan

Selanjutnya, giliran Spackman yang mengumbar protes di akun Instagram-nya.

Dia menyebut, sketsa struktur kaki yang dipajang di akun Twitter milik West adalah replika dari rancangan yang pernah dia buat lebih dari satu dekade silam.

"Ketika Kanye merobek sketsa Anda yang berumur 10 tahun, dan lalu mengklaimnya," tulis Spackman.

Belakangan, Spackman mengoreksi penjelasannya, dengan menyebut sketsa tersebut berusia 13 tahun.  

Dalam unggahannya, Spackman juga membuatnya berdampingan dengan desain musim gugur tahun 2005, Nike "living apparel" concept.

Baca juga: Yeezy, Sihir Kanye West yang Diburu Orang

Gambar itu diambilnya dari situs Cargo Collective miliknya, yang terlihat identik dengan gambar yang dipajang West. 

Satu-satunya perbedaan antara kedua desain itu adalah, pada unggahan West, label "living apparel fall '05" pada pojok kanan atas dihapus.

Dalam berita yang ada hingga saat ini, belum diperoleh kabar mengenai tanggapan West terkait polemik ini.

 

 

Ever-controversial Kanye is no stranger to digging in the far reaches of the internet for inspiration. Is Ye just showing his creative process with inspiration images or claiming the work to be his own? Photoshopping out the title of the sketch in the top left corner is pretty much a dead giveaway lol. The original by designer @tonyspackman was done in 2005 for a @nike collection called "Living Apparel" which eventually became "Nike React", a running collection grounded in freedom of movement and human comfort. Can we just call it Yee????y now? ???? • #yeezy #kanyewest #kanye #kimye #theft #inspiration #illustration #design #fashiondesign #sportswear #streetwear #athleisure #nike #streetstyle #running #nikerunning #hypebeast #highsnobiety #snobshots #wiwt #ootd #copycat #knockoff #wtf #dietprada

A post shared by Diet Prada ™ (@diet_prada) on May 3, 2018 at 6:19am PDT



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X