Kompas.com - 05/05/2018, 09:21 WIB
Ilustrasi memotret perayaan Cap Go Meh di Singkawang dengan Oppo F1S versi baru. Oik Yusuf/ KOMPAS.comIlustrasi memotret perayaan Cap Go Meh di Singkawang dengan Oppo F1S versi baru.

 

KOMPAS.com - Stres, lelah dan tak bersemangat merupakan perasaan yang umum dirasakan orang setiap hari. Bila dibiarkan bisa menurunkan produktivitas kita.

Banyak cara untuk mengusir perasaan tersebut, salah satunya adalah berpose di depan kamera dan mengunggahnya ke media sosial.

Dikutip dari New York Post, hasil studi Universitas Lancaster dan Universitas Sheffield mengungkapkan, kegiatan "remeh" tersebut dapat meningkatkan well-being seseorang, tapi hanya sekali foto dan unggah ya.

Di sini, well-being (perasaan sejahtera) didefinisikan sebagai alat konseptual pemahaman individu terhadap konteks sosial, pengalaman, dan peran mereka.

Lalu, mengapa memotret dan unggah ke medsos bisa meningkatkan well being?

Studi yang dipublikasikan di jurnal Health mengungkapkan, peningkatan ini didasari interaksi sosial, perawatan diri dan potensi untuk menjadi kenangan di masa depan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Mengambil foto yang berkaitan dengan kegiatan offline lainnya, seperti berjalan dan mengamati, mendorong keterlibatan penuh perhatian dengan dunia," tambah peneliti Liz Brewster dan Andrew Cox.

Kesimpulan ini memang berskala kecil, hanya melibatkan sedikit responden. Namun, harus diakui kalau mengunggah foto di media sosial dan mendapat interaksi positif bisa membuat perasaan kita kembali happy.

Beberapa peserta dalam penelitian ini mengaku aktivitas tersebut membuat mereka bisa jeda dari kesibukan pekerjaan dan juga membangun interaksi sosial ketika sedang kesepian.

Salah satu peserta yang baru-baru ini pensiun bahkan menemukan aktivitas ini menggantikan ‘candaan’ yang biasa didapat di kantor. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber nypost.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.