Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/05/2018, 11:09 WIB
Wisnubrata

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang mulai terbiasa memulai hari dengan secangkir kopi. Menurut International Coffee Organization peminum kopi di Indonesia tumbuh sekitar 8%, lebih tinggi dari pertumbuhan global yang berada di kisaran 6%.

Dengan makin populernya kopi sebagai minuman favorit, banyak peminum kopi tidak ingin menyia-nyiakan lidahnya untuk kopi yang tidak enak.

Masalahnya, membuat kopi enak tidaklah sederhana. Perlu prosesi dan cara menyeduh yang tepat agar kopi terasa nikmat. Mereka yang tidak punya cukup waktu, akhirnya lari ke kopi sachet dengan rasa apa adanya.

Baca juga : 4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Menyeduh Kopi

Namun kini ada cara untuk membuat kopi enak dengan rasa konsisten yang lebih cepat, yaitu dengan mesin pembuat kopi, salah satunya adalah Unakaffe System dari PT Santos Jaya Abadi, anak perusahaan Kapal Api Global.

Bila dulu kopi diracik secara manual dan membutuhkan waktu karena masih berbentuk biji dan baru digiling apabila akan diseduh, maka alat penyeduh ini mengolah kopi secara praktis dengan racikan kopi presisi. Bahkan hanya 10 detik bila air sudah panas.

Baca juga : Bagaimana Menyeduh Kopi Agar Terasa Lebih Enak?

Caranya adalah menyediakan racikan kopi dalam bentuk kapsul yang saat diseduh menggunakan mesin Unakaffe System, bisa menghasilkan kopi seperti seduhan alami.

“Unakaffe System hadir untuk memenuhi kebutuhan konsumen kami yang selalu minum kopi dalam kesehariannya namun tidak punya banyak waktu membuat kopi," ujar Christeven Mergonoto, Direktur Kapal Api Global, Jumat (4/5/2018) di Jakarta.

Hamish Daud dan Christeven Mergonoto, Direktur Kapal Api Globalkapal api Hamish Daud dan Christeven Mergonoto, Direktur Kapal Api Global
Agar pengguna mendapatkan kopi premium, Unakaffe System hanya menyediakan varian kopi hitam yang berasal dari biji kopi pilihan yang dipanggang untuk menghasilkan kopi yang berkualitas.

Produk ini tersedia dalam dua varian yaitu Espresso dan Cafetiero. Espresso yang menggabungkan biji kopi pilihan arabika dan robusta, memiliki kepekatan lebih intens dan disarankan disajikan dalam ukuran 45ml.

Sedangkan Cafetiero menggunakan 100 persen kopi Arabica, dengan intensitas kepekatan yang lebih ringan. Cafetiero cocok untuk diminum dalam ukuran lungo 150ml.

“Dalam waktu dekat, kami akan meluncurkan 3 varian kopi lainnya yang mengedepankan citarasa Indonesia yaitu Mandheling, Toraja, dan Kopi Luwak,” ujar Christeven Mergonoto.

Sementara brand ambassador Unakaffe System, Hamish Daud mengaku cocok dengan produk ini karena dirinya merupakan peminum kopi yang selalu memilih citarasa kopinya.

"Saya biasanya menikmati proses pembuatannya, menyeduhnya. Tapi kalau sedang terburu-buru, saya tetap menginginkan kopi yang enak. Nah, waktu mencoba produk ini, saya merasa cocok," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com