Kompas.com - 07/05/2018, 09:55 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Cegukan pernah dialami oleh semua orang pada waktu-waktu tertentu. Biasanya, cegukan terjadi hanya sebentar kemudian berhenti.

Namun, cegukan yang berkepanjangan ternyata bisa menjadi indikasi gejala penyakit tertentu. Asisten profesor farmasi di Texas A&M Health Science Center College of Medicine, Timothy Pfanner, MD mencoba menjabarkannya.

1. Penyakit asam lambung

Tanda-tanda dari penyakit asam lambung termasuk dada terbakar (heartburn), regurgitasi atau naiknya makann dari kerongkongan atau lambung disertai rasa asam yang pahit, serta mual.

Ditambah lagi, cegukan yang tidak kunjung mereda. Jika hal itu terjadi, segeralah memeriksakan diri ke dokter. Sebab, penyakit asam lambung bisa sangat mengganggu  gaya hidup serta kesehatan perut dan kerongkongan.

2. Stres

Cegukan bisa menjadi peringatan bahwa tubuhmu membutuhkan waktu beristirahat. Mayo Clinic mendata, stres emosional menjadi satu dari sekian banyak alasan penyebab cegukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jadi, jika kamu menyadari bahwa cegukan yang dialami berbarengan dengan peningkatan tingkat stres, pertimbangkan lah untuk mengambil langkah untuk mendamaikan batin. Seperti meditasi, olahraga atau berlibur bersama kerabat.

3. Kanker

Cegukan juga bisa mengindikasikan bebrrapa tipe kanker. Seperti kanker di otak, perut atau nodus limfa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.