Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guten Morgen, Tempat Ngopi Penuh Bunga dengan Semangat Pagi

Kompas.com - 07/05/2018, 12:06 WIB
Wisnubrata

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Guten morgen... alias selamat pagi adalah sapaan yang akan terdengar saat kita memasuki kedai kopi di kawasan Tomang ini. Tidak peduli hari sudah siang, menjelang sore, atau malam, kamu akan disapa dengan guten morgen.

Tempat ngopi ini memang tidak terlalu luas. Namun saat memasukinya, kita akan merasakan atmosfer yang berbunga-bunga.

Pasalnya dekorasi dan hiasan di tiap sudut dan meja memang menggunakan bunga asli, bukan pajangan plastik, sangat instagramable.

Harum kopi yang diseduh bercampur wangi bunga pun akan membuat kita segar dan bersemangat lagi.

"Kita memang ingin selalu memberikan semangat pagi hari pada pengunjung. Jadi kalau orang capai, lalu masuk sini, mereka akan selalu merasa pagi karena wangi kopi dan bunga asli," ujar Van Kenny Tamara, pendiri dan pemilik Guten Morgen.

Kaffee Cubes, kopi dengan madu dan bunga yang bisa dimakanCynthia Iskandar Kaffee Cubes, kopi dengan madu dan bunga yang bisa dimakan
Tidak sekedar sebagai hiasan, bunga-bunga pun masuk dalam menu makanan dan minuman di kedai kopi ini.

Cobalah memesan Kaffee Cubes, salah satu signature di tempat ini. Maka kamu akan mendapatkan kopi yang dibekukan bersama madu dan susu cair... serta bunga di dalamnya.

Bongkah es berbentuk kotak itu akan mencair saat susu dituangkan, dan jadilah semacam kopi susu, namun dengan rasa manis dari madu ditambah aroma dan rasa bunga yang khas. Ya, jangan salah, bunganya juga boleh dimakan kok.

"Kami memang menggunakan bunga-bunga yang food grade, artinya bisa dimakan. Dan ini baik juga untuk kesehatan karena kopi dan bunga itu mengandung antioksidan tinggi," ujar Kenny.

Kaffee CubesCynthia Iskandar Kaffee Cubes
Adapun kopi yang dipakai adalah campuran lima jenis kopi di Indonesia, dari Sumatra, Jawa, Sulawesi, dan Bali.

Mengapa bunga?

Tentu hadirnya bunga-bunga di kedai kopi ini bukan tanpa alasan. Kenny sendiri sebenarnya berbisnis property. Dahulu, setiap kali bertemu klien, ia harus mencari tempat agar bisa ngobrol sambil ngopi.

Salah satu sudut di Guten MorgenCynthia Iskandar Salah satu sudut di Guten Morgen
Kebetulan istrinya adalah dekorator wedding, yang terbiasa menggunakan berbagai bunga untuk dekorasinya. Selain itu, pasangan ini juga berbisnis bunga segar maupun kering.

Nah saat mereka mendapatkan tempat di Jalan Mandala Utara, Tomang, Kenny menjadikannya sebagai kantor dekorasi weddingnya yang bernama Mimsy Botanical: Gift and Flower Atelier.

Kantor itu berada di lantai atas. Sedangkan bagian bawahnya belum bisa langsung digunakan karena harus dibersihkan dengan cermat. Pasalnya tempat itu dahulu adalah bengkel oli.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com