Kompas.com - 07/05/2018, 14:01 WIB
Anak-anak membaca buku yang mereka dapat dari perpustakaan berjalan menggunakan kuda milik Ridwan Sururi di Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah, Rabu (30/3/2016). AFP PHOTO / ADEK BERRYAnak-anak membaca buku yang mereka dapat dari perpustakaan berjalan menggunakan kuda milik Ridwan Sururi di Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah, Rabu (30/3/2016).
|
Editor Wisnubrata


JAKARTA, KOMPAS.com - Usia anak 0-5 tahun seringkali dianggap sebagai periode emas pertumbuhan.

Di usia balita, proses pembentukan otak bisa mencapai 80 persen. Artinya, hampir semua yang diajarkan lebih mudah terserap.

Oleh karenanya, kesempatan untuk memberi pelajaran dan pengetahuan yang baik tak boleh dilewatkan, termasuk literasi.

"Jangan dimaknai literasi itu hanya membaca, tapi menstimulus anak mengerti pertanyaan hingga bertanya pada orang dewasa," kata Ketua Asosiasi Pendidikan Guru PAUD, Dr Sofia Hartati, Jakarta, Sabtu (5/5/2018).

Karena di usia balita, otak anak-anak seperti spons, mudah menyerap, maka apa pun yang diberikan, anak dengan mudah merespon.

Soal literasi, Sofia mengatakan pembelajaran itu perlu diperhatikan dengan kesesuaian dan minat anak.

Saat mengenalkan tulisan dan bacaan, misalnya, lebih baik didahului dengan simbol-simbol yang mudah diserap dan diingat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian bisa dilanjutkan dengan huruf-huruf yang mudah dikenali. Pastikan juga agar tidak memberikan bacaan dan tulisan yang sulit dipahami.

"Karena kalau tidak suka, efek negatifnya pasti dia akan frustasi dan tidak akan belajar lagi," kata Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ ini.

Rangkaian membaca

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.