Kompas.com - 08/05/2018, 06:06 WIB
Espresso On The Rock dari Black Campaign Coffee, Pasar Lama, Tangerang KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYAEspresso On The Rock dari Black Campaign Coffee, Pasar Lama, Tangerang
|
Editor Wisnubrata

TANGERANG, KOMPAS.com - Kopi kini menjadi salah satu sajian yang erat kaitannya dengan gaya hidup. 

Karena itu, kopi pun punya ragam campuran dan varian. Salah satu varian sajian kopi yang tak pernah lekang adalah espresso. 

Espresso berasal ekstrak dari biji kopi yang diproses dengan mesin tekanan tinggi. Oleh karena itu, bisa dibilang bahwa espresso adalah sari dari biji kopi yang padat dan kental.

Dalam bahasa Italia, espresso berarti express atau "cepat" karena dibuat untuk disajikan dengan segera kepada pelanggan.

Espresso sering digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat kopi lain, misalnya, cappucino, flat white, hingga latte.

Tapi, espresso sebenarnya bisa diminum tanpa campuran, dan pasti enggak kalah nikmat. Crema berwarna keemasan di bagian atasnya juga menjadikan sajian ini sedap dipandang.

Jaman sekarang, espresso bisa disajikan dalam berbagai cara, seperti long black, americano, dan salah satu varian espresso yang tak boleh dilewatkan, espresso on the rock.

Untuk yang terakhir, Kompas.com berkesempatan menjajalnya di Black Campaign Coffee.

Jika espresso selama ini dikenal ada rasa pahitnya, maka di kedai di Pasar Lama, Tangerang, kopi ini datang dengan konsep berbeda.

Espresso di Black Campaign dibuat dari tiga macam biji kopi berbeda: Malabar, Toraja Sapan, dan Kerinci. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.