Ingin Rajin Baca Buku Tak Mesti Tentukan Target

Kompas.com - 08/05/2018, 09:10 WIB
Ilustrasi membaca buku KucherAVIlustrasi membaca buku

JAKARTA, KOMPAS.com - Ingatkah kamu, buku apa yang terakhir dibaca dan kapan terakhir membaca buku?

Rajin membaca buku akan membuat kita banyak tahu. Tapi, tak semua orang senang dan terbiasa menghabiskan waktu lama untuk membaca. Bahkan, mungkin masih banyak yang jarang membaca.

Kebiasaan membaca buku tak tumbuh begitu saja. Meski begitu, membiasakan diri untuk membaca ternyata tak sesulit yang dibayangkan.

Salah satunya bisa dimulai dengan membaca hal-hal yang paling kita senangi atau yang berkaitan dengan hobi.

"Kita mulai baca dari hal yang kita senang. Misalnya, hobi handicraft. Carilah artikel, majalah atau buku yang membahas soal handicraft," kata Marketing Communication Periplus, Antonius Yanuar seusai peluncuran Plaza Indonesia Book Club di Jakarta, Senin (7/5/2018).

"Bisa juga cari biografi orang yang sedang disenangi. Dari situ akan menemukan kesukaan baca."

Pendekatan dari segi usia pun berbeda. Untuk anak kecil, misalnya. Yanuar mengatakan, merangsang anak kecil agar rajin membaca bisa dengan memberikan bacaan yang mereka sukai dan sesuai dengan umur mereka. Contohnya, buku komik.

Setelah terbiasa, kebiasan membaca bisa semakin diperluas.

"Kalau dulu mungkin buku-buku bergambar. Zaman saya mungkin Donald Bebek. Orangtua saya beliin Bobo. Sudah suka, baru ditingkatkan. Jadi mulai dari yang kita suka," tuturnya.

Adapun Petrus Hepi, Social Media Periplus menilai perlu ada sosok yang menjadi 'trigger' atau pemicu seseorang untuk mulai rajin membaca.

Kebiasaan membaca, menurut Hepi, juga tak perlu ditargetkan. Terkadang, target tersebut justru agak memberatkan dan membuat seseorang malas membaca.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X