Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Kulit Sehat Berkilau? Tingkatkan Konsumsi Makanan Berikut...

Kompas.com - 09/05/2018, 19:40 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak ahli kesehatan yang menyarankan kita agar mengonsumsi makanan seperti sayuran hijau, cokelat hitam, dan minyak ikan.

Semua makanan tersebut terbukti dapat membantu memperbaiki berbagai kondisi kesehatan kronis.

Tapi, laman Independent melaporkan adanya beberapa makanan yang dapat bekerja secara maksimal bagi kesehatan kulit kita.

Menurut riset tentang perkembangan tubuh, makanan yang tepat sama pentingnya dengan lotion dan ramuan apapun yang kita aplikasikan untuk wajah.

Inilah yang membuat seorang pakar nutrisi terketuk hatinya untuk menyakinkan masyarakat agar memperhatikan makanan yang dikonsumsinya.

David Wolfe, pakar kesehatan alternatif dan ahli nutrisi telah membuktikan manfaat pola makan vegan selama bertahun-tahun.

Dalam bukunya yang berjudul "The Beauty Diet", ia memaparkan manfaat yang dapat diberikan oleh beberapa makanan super pada kulit kita.

Ia mengatakan, pola diet yang ia beri nama "The One-Week beauty" ini telah banyak membantu para selebriti dan model terlihat lebih cantik alami.

Baca :Apakah Cokelat Termasuk Makanan Sehat? Ini Faktanya!

Jadi, bagaimana pola diet yang dimaksud olehnya?

Selain mengonsumsi banyak buah alpukat, kakao, chia dan quinoa, yang disebut "diet kecantikan", mengonsumsi makanan "herbal super" seperti schizandra, tulsi, dan akar peony putih juga memiliki manfaat tinggi.

Wolfe menegaskan makanan yang mengandung minyak dan antioksidan superior dapat membantu melindungi kulit dari penuaan dini.

Makanan tersebut, termasuk minyak zaitun, kelapa, dan minyak buckthorn laut, serta lidah buaya, bubuk mutiara, dan kunyit.

Dia juga menyarankan agar memasukkan mineral tertentu ke dalam diet yang kita lakoni untuk hasil yang optimal.

"Magnesium adalah mineral penting karena mengendalikan proses detoksifikasi dan meningkatkan jaringan alkalin yang sehat,” papar Wolfe.

Wolfe menyarankan pula untuk meningkatkan asupan silika yang ditemukan dalam ketimun, paprika dan tomat.

Zat tersebut membantu meningkatkan kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

Selain itu, Wolf mengatakan, mineral belerang juga mampu meningkatkan jaringan fleksibel, mengurangi jaringan parut dan memperlambat penuaan.

Mineral belerang ini dapat ditemukan pada berbagai bahan makanan mulai dari telur hingga spirulina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com