Kompas.com - 13/05/2018, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Ada berbagai metode diet rendah karbohidrat, begitu juga persepsi atas pola makan tersebut. Ada yang percaya manfaatnya bagi tubuh, bahkan tidak sama sekali.

Dikutip dari Men’s Health, diet rendah karbohidrat dan tinggi portein justru memberikan manfaat kesehatan jika dilakukan secara tepat. Salah satunya adalah membantu pasien diabetes tipe 1 mengontrol kadar gula darahnya.la darah.

Sebagai permulaan, penting untuk mengetahui diet karbo bukan berarti sama sekali tidak mengasup karbohidrat.

Menurut dr Nancy Rahhnama, diet rendah karbohidrat berarti mengurangi jumlah karbohidrat yang diasup. Misalnya jumlahnya 25 gram - 150 gram karbo perhari.

Sebagai perbandingan, kebanyakan orang dewasa aktif mengonsumsi sekitar 2.000 kalori per hari makan, dengan  225 dan 325 gram karbohidrat per hari di dalamnya.

Jika dilakukan dengan cerdas dan aman, melakukan diet rendah karbohidrat dapat memiliki banyak manfaat. 

Berikut manfaat dari pola makan tersebut.

1. Terhindar dari makanan olahan

Diet rendah karbo bukan berarti menukar oatmeal dengan sepiring sosis loh. Sebab, kata Rahnama, kita ingin menjaga asupan makanan sealami mungkin.

Karena itu, makanlah sumber karbohidrat yang baik seperti biji-bijian, sayuran, dan buah, bukan gula putih, roti putih, atau makanan ringan lainnya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.