Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecanduan Gawai Jadi Penyebab Pernikahan Tak Harmonis

Kompas.com - 13/05/2018, 12:35 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Komunikasi yang hangat merupakan kunci bagi pernikahan yang harmonis. Akan tetapi, saat ini semakin banyak pasangan yang menghabiskan sebagian besar waktunya dengan gawai.

Pasangan suami istri di zaman now pada umumnya sama-sama sibuk bekerja. Kehadiran gawai dan media sosial juga membuat pasutri semakin minim memiliki waktu berkualitas berdua.

"Banyak pasangan yang terbiasa memegang gawai 24 jam, termasuk di tempat tidur," kata psikolog Ajeng Raviando dalam acara talkshow "Istri Resik Pernikahan Harmonis" yang diadakan oleh Resik V Godokan Sirih di Jakarta beberapa waktu lalu.

Kecanduan pada gawai membuat komunikasi suami istri menjadi renggang. Obrolan yang hangat dan mendalam semakin jarang dilakukan, digantikan dengan pesan-pesan pendek melalui aplikasi chatting.

"Karena sulit dapat waktu berkualitas, tidak sempat lagi bicara dari hati ke hati. Pembicaraan akhirnya hanya urusan domestik yang tidak ada habisnya," kata Ajeng.

Kondisi tersebut bisa membuat ikatan emosional ikut kendur. Ditambah lagi dengan pasutri yang menganggap seks hanya rutinitas biasa dan tidak lagi dianggap penting. Hubungan pun akan menjadi dingin.

"Ini bahya sekali, hubungan seks itu juga ada emotional bonding-nya," katanya.

Kebiasaan mengamati media sosial juga bisa menimbulkan dampak negatif pada pernikahan.

"Kita melihat pasangan lain kok asik banget, rukun. Lalu muncul rasa iri, ingin seperti itu dan mulai membandingkan dengan sikap pasangan. Kita pun cemas dan berpikiran negatif terhadap pasangan, padahal sebelumnya tidak ada apa-apa," paparnya.

Kondisi ini menurut Ajeng ikut berpengaruh pada naiknya angka perceraian pada pasangan di era modern ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com