Kompas.com - 13/05/2018, 17:32 WIB

KOMPAS.com - Menggunakan kosmetik sudah menjadi bagian tak terpisahkan bagi wanita. Namun, paparan bahan kimia dalam produk kosmetik dalam jangka panjang bisa menimbulkan efek negatif.

Menurut penelitian, seseorang dapat memamaparkan dirinya dengan 168 bahan kimia setiap hari yang berasal dari produk perawatan kulit dan kecantikan.

Bahan-bahan tersebut ada yang menimbulkan efek negatif dan tidak. Namun, dalam jangka panjang bahan-bahan tersebut dapat berakumulasi dalam tubuh.

Menurut Product Marketing & Education Assistant Manager Young Living Indonesia, Indri Melanie, bahan berbahaya yang bisa ditemukan dalam kosmetik antara lain paraben, coal tar, pewarna sintetis, paraben, sampai nano partikel.

"Beberapa bahan tersebut ada yang bisa menyebabkan iritasi kulit, karsinogenik atau menyebabkan kanker, hingga menyebabkan gangguan hormonal," kata Indri dalam acara temu media di Jakarta (8/5).

Ia mengatakan, tubuh memang punya kemampuan menyaring dan mengeluarkan zat toksik dari tubuh.

"Tapi, kalau kecepatan paparannya sangat tinggi bisa terakumulasi," ujarnya.

Akibatnya adalah menumpuk di kulit dan bisa menyebabkan vlek. "Jangan kompromikan kesehatan kita dengan kecantikan," kata Indri.

Kosmetik mineral Savvy Minerals dari Young Livings.Dok Young Livings Kosmetik mineral Savvy Minerals dari Young Livings.
Savvy Minerals

Young Living, perusahaan yang lebih dikenal dengan produk essential oil-nya, mengeluarkan produk kosmetik yang mengandung bahan-bahan natural, yaitu Savvy Minerals.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.