Jangan Lakukan 8 Hal Ini Saat Menginap di Hotel - Kompas.com

Jangan Lakukan 8 Hal Ini Saat Menginap di Hotel

Kompas.com - 15/05/2018, 09:18 WIB
Kamar di Resinda Hotel Karawang.Dok. Resinda Hotel Karawang Kamar di Resinda Hotel Karawang.

 

KOMPAS.com - Karena merasa sudah membayar, banyak tamu hotel yang menganggap bebas melakukan apa pun di kamar. Padahal, ada aturan yang wajib diketahui agar kita tak dikenakan denda.

1. Memecahkan sesuatu dan tak memberi tahu

Kadang kita tak sengaja menyentuh barang yang ada di kamar hotel dan memecahkannya. Misalnya, gelas, piring, atau benda pecah belah lainnya.

Jika melakukannya, segeralah melapor pada staf hotel. Sebab, staf hotel atau tamu berikutnya akan mendapatkan masalah kalau kita memilih merahasiakannya. Matthew, founder thetravelblogs.com, mengatakan seorang tamu hotel pernah menginjak pecahan gelas.

"Pecahan gelas sulit untuk terlihat. Jadi, meskipun kamar hotel telah dibersihkan, bisa saja ada yang terlewatkan," kata Matthew.

2. Memasak tanpa peralatan yang tepat

Seringkali kita ingin menghemat pengeluaran saat tengah bepergian. Ryazan Tristram, fotografer dan travel blogger untuk everythingzany.com mengatakan, beberapa tamu kemudian membawa peralatan masak portable dan memasak di hotel.

Hati-hati, ini bisa menimbulkan masalah jika hotel yang disinggahi tak memiliki area dapur.

"Peralatan masak itu bisa memicu sistem alarm kebakaran atau bahkan memicu kebakaran itu sendiri. Jadi, konsumsilah makanan yang tak perlu dimasak saat kita menginap di hotel," ujarnya.

3. Meninggalkan barang berharga

Meski tampak aman, namun bahaya meninggalkan perhiasan di kamar hotel tetap ada. Ada saja pihak-pihak yang jahil dan ingin mengambil perhiasan tersebut saat kita tak ada di kamar hotel. Apalagi jika kita meninggalkannya tergeletak di tempat terbuka.

Kecuali, jika hotel yang disinggahi menawarkan keamanan khusus, seperti penggantian jika ada barang hilang.

4. Mandi dengan pintu terbuka

Tak ada yang melarang mandi dengan air panas di hotel. Namun, hati-hati untuk tidak membiarkan pintu kamar mandi terbuka.

"Air panas hotel bisa memicu sistem alarm kebakaran di hotel jika kita membiarkan pintu kamar mandi terbuka," kata Tristram.

5. Merokok di kamar bebas rokok

Beberapa orang tak tahan untuk tidak merokok meski kamar yang disinggahi adalah kamar bebas rokok.

Bryony Summer, owner dan editor coastingaustralia.com menyebutkan, beberapa masalah bisa terjadi jika hal itu tetap dilakukan. Misalnya dengan menutup alarm rokok dan merokok di tempat tidur. Hal ini bisa membahayakan keamanan mereka dan tamu-tamu lainnya.

6. Menggunakan bantal sofa

Jika kamu menemukan bantal sofa atau bantal yang berukuran kecil di kamar hotel (seperti di sofa atau atas tempat tidur), janganlah langsung memakainya.

Apalagi jika bantal tersebut tidak dilapisi kembali dengan sarung bantal yang bisa diganti. Sebab, bantal tersebut biasanya tak dibersihkan dengan sempurna.

"Petugas hotel baru menggantinya jika bantal tersebut berubah warna atau mengeluarkan bau yang mengganggu. Dalam kata lain, kamu bisa saja menggunakan bantal bekas wajah, bokong, atau bagian tubuh orang lain," kata traveler dan co-onwner traveloffpath.com, Kashlee Kucheran.

7. Mengirim informasi sensitif dengan Wifi hotel

Jangan pernah mengirimkan informasi atau hal penting lainnya menggunakan WiFi hotel, kecuali dengan enkripsi.

"Hal itu akan membuat pesan kita mudah dibajak," kata Vice President ExpressVPN, Harold Li.

8. Membawa binatang peliharaan

Beberapa tamu hotel tergoda membawa binatang peliharaan saat mereka menginap di hotel. Jangan pernah lakukan itu tanpa sepengetahuan petugas hotel.

Sebab, binatang akan meninggalkan jejak, dari bulu hingga bau. Hal itu akan mengakibatkan biaya pembersohkan kamarmu meroket jika melakukannya.


Komentar
Close Ads X