5 Tips Mencegah Keriput Saat Tidur

Kompas.com - 15/05/2018, 20:20 WIB
Ilustrasi tidur fizkesIlustrasi tidur
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Meskipun keriput, garis-garis halus, dan lipatan pada kulit adalah bagian normal dari proses penuaan, posisi tidur yang salah dapat menyebabkan wajah menua lebih cepat. Kok bisa?

Tidur dengan posisi menyamping atau tengkurap dengan wajah menempel di sarung bantal, misalnya, dapat menyebabkan pembentukan garis halus di dahi atau pipi.

Keriput dan garis halus disebabkan oleh hilangnya kolagen dan elastisitas, yang mengurangi volume kulit.

Tetapi, memberikan tekanan berulang (seperti tidur menyamping) atau menggerakkan otot wajah (tertawa atau cemberut, misalnya) akan mempercepat kerusakan kolagen, yang akhirnya mengarah pada garis halus di wajah.

Gesekan dan kontak dengan bantal menyebabkan kulit wajah tertarik dan terdorong. Maka dari itu, prosedur seperti Botox yang bekerja efektif pada keriput akibat ekspresi wajah pun tidak akan bekerja optimal bagi keriput tidur.

Keriput tidur akan dengan cepat menghilang pada kulit yang lebih muda, namun pada akhirnya menjadi permanen akibat tekanan terus menerus saat tidur dan berkurangnya elastisitas kulit dari proses penuaan.

Baca juga: 4 Kebiasaan Sepele Sebelum Tidur yang Merusak Kulit

Mengatasi garis halus dan keriput akibat posisi tidur adalah tantangan besar, karena satu-satunya cara untuk menghindarinya adalah dengan tidak tidur miring maupun tengkurap. Mengubah kebiasaan tidur bawah sadar bisa sangat sulit, namun jangan menyerah!

Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan kualitas rutinitas tidur demi mencegah keriput sebisa mungkin.

1. Tidur dengan wajah bersih

Selalu cuci wajah sebelum pergi tidur untuk menghapus tumpukan minyak, kotoran, keringat, dan makeup.

Halaman:


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X